Cara Menghilangkan Ketombe agar Rambut Bebas dari Gatal

Apakah selama ini Anda berpikir cara menghilangkan ketombe dapat dilakukan hanya dengan menggunakan shampo? Jika demikian, sebenarnya hal ini merupakan anggapan keliru. Pengonsumsian sayur yang cukup akan membantu Anda menghilangkan ketombe dan menjadi penyebab gatal pada kepala.

Selain itu, pengonsumsian minyak yang berlebihan juga menjadi salah satu dari banyaknya penyebab kemunculan ketombe. Kita tidak bisa membantah jika tubuh memerlukan lemak. Tetapi, jumlah lemak berlebihan malah dapat merangsang kelenjar yang mengelilingi akar rambut. Kelenjar tersebutlah yang menjadi penyebab masalah di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Mudah

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dengan mudah yang dapat Anda terapkan, antara lain:

  1. Kurangi makanan berlemak dan pedas. Anda dapat mengimbangi dengan vitamin C, B6, serta A. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin maupun buah.
  2. Bila sering menggunakan spray rambut, tonik atau gel, lebih baik kurangi kebiasaan ini. Anda bisa secara rutin membersihkan rambut tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan sampo anti ketombe. Sebisa mungkin, pilih sampo yang memiliki kandungan zat aktif.
  3. Kurangi beban pikiran Anda. Walaupun tidak menjadi penyebab paling utama, stress dapat mengundang ketombe.
  4. Bila biasanya Anda menggunakan pengering rambut, lebih baik mulai dari sekarang keringkan rambut dengan alami. Tetapi, jika harus menggunakan pengering, lakukan tanpa membuat rambut Anda kering seketika.

Bahan yang Ampuh serta Mudah untuk Mengusir Ketombe

Selain menggunakan cara di atas, berikut beberapa bahan yang bisa dipilih:

  • Keramas menggunakan aspirin

Sekilas, cara ini mungkin terlihat aneh. Namun aspirin bisa digunakan untuk mengusir ketombe dengan ampuh. Kandungan salisilat di dalamnya dapat menjadi bahan aktif yang bisa mengusir ketombe. Penggunaan aspirin pun mudah, Anda bisa mencampurkan dua tablet aspirin yang telah dihaluskan dalam shampo.

  • Bawang merah

Untuk pengobatan yang sederhana, masyarakat Jawa sering menggunakan bawang merah yang sudah ditumbuk di atas kepala bayi sehingga mereka menjadi terasa hangat. Ternyata cara tersebut juga ampuh untuk mengusir ketombe secara optimal. Anda hanya perlu menghaluskan bawang merah serta mengoleskannya di kepala.

  • Minyak zaitun

Minyak ini begitu mudah ditemukan pada supermarket, untuk menggunakannya sebagai penghilang ketombe, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada rambut sampai menyentuh kulit kepala. Pijat secara lembut sehingga dapat terserap dengan maksimal. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

  • Soda kue

Soda kue menjadi bahan yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Ketika sudah diaplikasikan, soda kue dapat membantu mengangkat sulit mati di sekitar akar rambut. Anda dapat mencampurkan soda kue serta sampo, cuci bersih rambut. Campuran ini dapat memaksimalkan fungsi sampo.

Bila ingin mempraktekkan cara menghilangkan ketombe di atas, usahakan melakukannya secara teratur, sehingga Anda akan memperoleh hasil yang maksimal.

 

Leave a Reply