Mengatasi Pilek pada Bayi Tanpa Ada Efek Samping

Ketika bayi sakit, orang tua cenderung panik dan bingung. Tidak seperti orang dewasa, bayi cenderung lebih mudah terkena berbagai penyakit. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan bayi yang belum sempurna. Salah satu penyakit yang sering dijumpai adalah pilek. Untuk mengatasi pilek, ibu bisa saja menggunakan obat pilek untuk bayi yang aman yang dapat diperoleh dengan mudah melalui apotek.

Akan tetapi, orang tua cenderung menghindari menggunakan obat-obatan kimia dikarenakan adanya efek samping yang mungkin ditimbulkan. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memilih untuk menggunakan obat-obatan herbal untuk menghindari dan menjauhkan anak dari efek samping.

Mencegah Pilek pada Bayi

Pilek pada bayi sebenarnya dapat dicegah dengan menjaga kualitas dan kuantitas pola tidur pada bayi. Selain itu, makanan yang diberikan pada bayi juga harus diperhatikan. Orang tua disarankan untuk memberikan asupan nutrisi dan cairan yang baik bagi bayi. Hal tersebut dapat menjaga keseimbangan serta kekebalan tubuh bayi sehingga tetap sehat. Kesehatan ibu bayi, juga dapat mempengaruhi bayi. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk selalu menjaga kesehatan.

Menggunakan Obat Alami

Jika berhubungan dengan bayi, orang tua cenderung lebih berhati-hati. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan kesehatan bayi. Banyak orang tua yang ragu untuk menggunakan obat-obatan kimia dikarenakan takut akan efek samping yang ditimbulkan. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memilih menggunakan obat-obatan herbal.

Untuk mengatasi pilek pada bayi, hal pertama yang dapat digunakan orang tua sebagai alternatif obat adalah Air Susu Ibu (ASI). Di dalam ASI ibu, banyak terkandung antibodi yang sanggup melawan virus serta bakteri yang menyerang kekebalan tubuh bayi.

Kedua adalah madu. Madu mengandung anti-bakteri serta anti-oksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh bayi. Madu dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan infeksi saluran pernafasan, batuk, maupun radang tenggorokan. Akan tetapi, madu hanya boleh dikonsumsi untuk bayi berusia di atas satu tahun.

Ketiga, bawang putih. Bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi radang serta produksi lendir yang berlebih. Cara menggunakannya terbilang cukup mudah. Cukup iris beberapa siung bawang putih dan letakkan di sebuah piring. Kemudian letakkan piring tersebut di sekitar tempat tidur bayi. Namun jauhkan bawang putih ini dari jangkauan si bayi.

Dengan menggunakan obat-obat herbal tersebut, ibu tidak perlu lagi cemas apabila bayi sakit dan enggan menggunakan obat kimia untuk menyembuhkan pilek pada bayi. Untuk mendapatkan beberapa informasi lengkap tentang dunia obat untuk anak bisa kunjungi atau https://www.goapotik.com/.

 

Leave a Reply