Spesifikasi Mesin Cuci: Perbedaan Front Load dan Top Load

  • Oct 29, 2015
mesin cuci

Mencuci memang termasuk pekerjaan rumah tangga yang terbilang berat. Bagaimana tidak bila ternyata pakaian yang dicuci tergolong jenis yang susah dicuci seperti bahan jeans. Tak jarang sebagian dari kita memilih jasa laundry untuk urusan mencuci pakaian. Namun terus menerus menggunakan jasa laundry juga akan membuat pengeluaran semakin tidak terkontrol. Sehingga solusi untuk masalah cuci pakaian sering kali jatuh pada penggunaan mesin cuci.

Alat yang satu ini memang terbilang efektif untuk meringankan beban para ibu rumah tangga. Sekarang ini sudah banyak beredar berbagai macam mesin cuci namun secara umum ada dua jenis mesin cuci yaitu satu dan dua tabung. Mesin cuci satu tabung dibagi menjadi dua yaitu top load dan front load. Bila anda hendak membeli mesin cuci, berikut ada beberapa spesifikasi mesin cuci dan perbedaan front load dan top load.

Mesin cuci front load memiliki tingkat keefektifan pencucian yang hampir 90% kering serta minim kerusakan pada pakaian. Perputaran pada mesin cuci front load adalah vertikal sehinga antara pakaian satu dengan yang lainnya akan jatuh ke dasar tabung tanpa melilit satu sama lain. Pakaian seperti dibanting-banting dengan menggunakan mesin cuci front load sehingga hasil pencucian menjadi lebih bersih.

Teknologi yang digunakan mesin cuci ini juga lebih canggih yaitu mencuci dengan air panas dan dingin. Mesin cuci jenis ini juga diklaim lebih hemat air, waktu dan deterjen. Namun ada beberapa kekurangan dari mesin cuci ini yaitu menggunakan watt yang lebih besar dan boros listrik serta harga yang lebih mahal.

Sedangkan mesin cuci top load menggunakan sistem semi automatis. Sebelum pencucian dimulai, mesin cuci ini menggunakan perendaman terlebih dahulu sehingga menjadi boros penggunaan air dan deterjen. Hasil pencucian dengan mesin cuci jenis ini 70% kering dengan hasil cucian yang melilit satu sama lain karena sistem perputaran motor horizontal. Apapun jenis mesin cuci yang anda pilih, sebaiknya menggunakan detergen khusus untuk mesin cuci seperti Rinso untuk hasil yang lebih baik.