Guys, Ini Nih Tips Jitu Membuat Kamar Kos Terasa Lebih Sejuk dan Tidak Pengap

Sumber: pinterest.com

Ruangan yang memiliki ukuran terbatas memang kerap sekali menjadi masalah bagi sebagian orang, mungkin kamu termasuk? Terlebih lagi buat anak kos yang ukuran kamarnya terbilang sempit. Untuk membuat kamar agar tidak panas dan pengap tentunya mereka harus pintar-pintar menyiasati dan menata furniture yang tepat. Pasalnya, tidak semua di indekos itu dibangun dengan rancangan yang pas dan baik. Contohnya saja, mempunyai celah ventilasi untuk sirkulasi udara serta adanya jendela yang berukuran besar untuk pencahayaan alami di dalam ruangan.

Ya, kalau kamu berniat tinggal di indekos yang lebih lengkap dan layak, maka bisa dipastikan kalau harga kamar kos tersebut memiliki harga yang lebih mahal daripada kamar kos biasa. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan lho agar kamar kos kamu tidak pengap, panas serta terasa lebih sejuk dan nyaman. Apa saja kah itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan Exhaust Fan

Sumber: pinterest.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamar kos memang banyak sekali yang tidak memiliki jendela di arah luar. Meskipun ada, biasanya jendela tersebut ada di bagian sebelah pintu kamar serta langsung tertuju ke koridor kost-an, bukan di luar ruangan. Hal ini tentunya bisa terjadi pertukaran udara yang dimana bisa membuat kamar menjadi kurang efisien dan terasa sesak. Supaya kamar kos kamu tidak pengap, disarankan untuk menggunakan exhaust fan di langit-langit kamar kos kamu. Ini bermaksud agar sirkulasi yang ada di dalam kamar lebih lancar serta pergerakan udara jadi lebih membantu ketika tidak ada angin.

2. Simpan Tanaman Hijau di Dalam Kamar Kos

Sumber: pinterest.com

Menyimpan tanaman hijau di dalam ruangan tentunya bisa memberikan kesan asri dan sejuk di ruangan yang sempit, seperti kost-an. Tapi kamu juga tidak boleh sembarangan dalam memilih tanaman hijau. Pilihlah tanaman yang berukuran sedang serta bisa dirawat dengan mudah, ya! Mungkin kamu bisa memilih tanaman kaktus, lidah buaya, sukulen atau palem. Dalam pemilihan pot juga harus benar-benar diperhatikan. Pilihlah ukuran pot yang kecil dan tidak membuat ruangan penuh agar kamar kos tidak pengap dan panas.

3. Hindari Penyimpanan Barang yang Menumpuk

Sumber: navisi.org

Karena keterbatasan ruang di kamar kost biasanya para pengguna kos suka menempatkan barang sesuka hati hingga menumpuk. Padahal, cara seperti itu bisa membuat suasana ruangan semakin pengap dan sumpek. Oleh sebab itu, agar kamar kamu tidak pengap dan panas. Simpanlah barang-barang yang memang dibutuhkan ke tempat khusus, seperti box atau semacamnya. Selain membuat kamar tidak pengap dan panas, cara satu ini juga akan membuat kamar kos kamu terlihat lebih rapi dan bersih.

4. Sediakan Penyejuk Ruangan yang Berukuran Sedang

Sumber: pinterest.com

Untuk membuat ruangan terasa sejuk dan pengap tentunya kamu bisa menggunakan cara satu ini. Gunakanlah penyejuk ruangan yang berukuran sedang dan hemat listrik, seperti kipas angin atau AC duduk. Semua benda ini pastinya bisa menyelamatkan kamu ketika cuaca lagi terik-teriknya, terutama saat di siang hari. Dengan hadir nya penyejuk ruangan di dalam kamar, maka kamar kost kamu akan terasa lebih sejuk dan tidak panas.

5. Gunakan Cat Dinding dengan Warna Dingin dan Putih

Sumber: pinterest.com

Ya, walaupun warna putih itu lebih cepat kotor ketimbang warna lainnya, seperti hitam. Tetapi penggunaan cat dinding dengan warna putih di kamar yang minimalis juga bisa membuat ruangan terkesan lebih luas dan segar. Supaya kamar terasa lebih sejuk dan tidak pengap, gunakanlah beberapa warna cat yang bisa memberikan kesan dingin pada ruangan. Misalnya saja biru muda, tosca, hijau muda dan lain sebagainya.

6. Membersihkan Ventilasi dan Furnitur Secara Rutin

Sumber: pinterest.com

Ventilasi merupakan faktor yang paling penting untuk menjaga kebersihan udara di dalam ruangan serta kesehatan si pengguna. Tak hanya itu, ventilasi juga bisa membuat aliran udara menjadi lancar sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk. Untuk itu, agar udara yang ada di dalam bisa mengalir dengan maksimal, tentu kamu harus rajin-rajin membersihkan ventilasi yang ada di kamar. Selain itu, furniture-furniture yang ada di dalam kamar juga perlu kamu bersihkan supaya debu yang menempel di furniture bisa hilang. Sehingga kamar akan terasa lebih sejuk, bersih dan tidak pengap.

Itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu coba agar kamar kos kamu tidak panas dan pengap lagi. Kenyamanan kamar pastinya menjadi salah satu faktor utama yang bisa meningkatkan produktivitas kita sehari-hari. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk orang banyak.

 

Leave a Reply