Lebih Jauh Mengenal Sosok Hebat CEO Mayora yang Menginspirasi

Berbicara mengenai PT Mayora Indah rasanya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan berbagai produknya yang memang sudah lama melanglang buana di Indonesia. PT Mayora Indah sendiri memang sangat dikenal dengan produk-produk makanan ringannya seperti Roma Kelapa, permen Kopiko, hingga minuman teh Pucuk Harum. Namun, tahukah Anda siapa dibalik kesuksesan Mayora? Ya, dialah sosok fenomenal CEO Mayora Jogi Hendra Atmadja.

Mengenal Sosok CEO Mayora yang Menginspirasi

Jika Anda bercita-cita menjadi pengusaha terutama pengusaha makanan ringan, maka kisah perjuangan Jogi Hendra Atmadja bersama teman-temannya membangun PT Mayora Indah dari nol ini bisa dijadikan pelajaran. Jogi Hendra Atmadja sendiri merupakan alumnus dari fakultas kedokteran Universitas Trisakti Jakarta. Beliau dilahirkan tahun 1946 di Jakarta.

Bersama kedua temannya yaitu Ir. Darmawan Kurnia dan juga Drs. Raden Soedigdo, mereka bertiga membangun PT Mayora Indah di tanggal 17 Februari tahun 1977 di daerah Jakarta. Pertama kali didirikan di Jakarta, pabrik PT Mayora Indah yang pertama dibangun di daerah Tangerang dengan fokus utamanya adalah produk-produk makanan ringan.

Saat berdirinya PT Mayora Indah, Jogi Hendra Atmadja menjabat sebagai komisaris utama. Jogi Hendra Atmadja juga menjabat sebagai komisaris utama di beberapa perusahaan besar lainnya seperti PT Kakao Mas Gemilang, PT. Tunita Branindo, dan PT Torabika Eka Semesta. Salah satu produk andalan PT Mayora Indah sejak berdirinya hingga saat ini adalah Roma Kelapa. Biskuit sari kelapa ini sangat dikenal dan banyak disukai masyarakat sejak tahun 1970an.

Memperbesar Bisnis PT Mayora Indah

Bapak Jogi Hendra Atmadja tidak berhenti sampai pada produk Biskuit Roma yang memang banyak diminati. Beliau melanjutkan ekspansi bisnisnya pada produk permen Kopiko yang bisa dibilang menjadi gebrakan produk permen rasa kopi pertama di Indonesia. Produk permen Kopiko pun melesat dengan tajam di masyarakat karena memang saat itu belum ada produk yang serupa.

Selanjutnya PT Mayora Indah memperlebar peluangnya pada produk minuman kemasan seperti Teh Pucuk Harum dan juga Le Minerale Mayora. Produk Teh Pucuk Harum diketahui harus besar-besaran dalam mengeluarkan dana untuk iklan karena pangsa pasar teh botol saat diluncurkannya produk ini dikuasai oleh Teh Botol Sosro.

Hingga kini, pabrik PT Mayora Indah tidak hanya terletak di Tangerang, namun sudah merambah ke daerah lain hingga pulau lain di Indonesia. Lima pabrik barunya didirikan di daerah Medan, Makasar, Sukabumi, Ciawi dan juga Pasuruan. Selanjutnya untuk dapat bersaing dengan merek air mineral lain, dua pabrik baru pun dibangun di daerah Cianjur dan juga Palembang.

Apa yang bisa kita petik dari sosok CEO Mayora Jogi Hendra Atmadja? Kita bisa melihat kegigihan seorang pengusaha yang membangun bisnisnya dari nol bersama rekannya. Hingga kini, kita bisa melihat PT Mayora Indah bahkan sanggup menguasai 40% pasar makanan ringan Indonesia.

 

Leave a Reply