Takut Salah Pilih? Berikut Tips Pilih Cloud Hosting Terbaik

DomaiNesia Domain Indonesia

Menemukan penyedia cloud hosting terbaik memang menjadi keharusan tersendiri. terutama bagi anda pemilik bisnis yang membutuhkan web hosting. Istilah cloud hosting sendiri memang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Kendati demikian, apakah anda sudah mengetahui apakah pengertian dari cloud hosting tersebut.

Nah cloud hosting sendiri merupakan file website yang akan disimpan dengan menggunakan server fisik yang mempunyai banyak cabang server virtual. Dengan cara inilah maka akan memberikan anda kemungkinan untuk bisa mengakses website dari banyak jalur server virtual. Bahkan hal ini juga akan membuat website anda tidak mengalami down.

Mengingat jika anda satu server yang mati maka anda masih bisa menggunakan server yang lainnya. Sehingga anda masih bisa mengakses website anda tersebut.

Tips memilih cloud hosting terbaik

Saat ni sudah banyak penyedia hosting yang menawarkan cloud hosting ini. Bahkan di internet, anda bisa menemukan ada banyak situs yang menyediakan layanan ini. Tetapi yang menjadi pertanyaan apakah provider yang anda pilih tersebut sudah terpercaya ataukah belum? Untuk itulah anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

1. Ketahui kebutuhan yang anda miliki

Tips memilih cloud hosting terbaik yang pertama adalah dengan mengetahui bagaimana kebutuhan yang anda miliki. Sebagai pengguna tentu anda juga harus mengetahui tujuan anda terlebih dahulu bukan. Ini berarti apa tujuan anda dari menggunakan cloud hosting tersebut. Pastikan anda menggunakan cloud hosting ini untuk kebutuhan bisnis yang anda miliki.

Hal ini bukan tanpa alasan sebab jangan sampai waktu dan biaya yang anda keluarkan terbuang sia-sia begitu saja karena ternyata cloud yang anda pilih tidak mampu memenuhi kebutuhan yang anda miliki. Itulah perlunya juga untuk melakukan checklist kebutuhan yang anda miliki.

2. Load balance

Adapun hal penting ketika anda mencari cloud hosting adalah load balance. Ini lah yang membuat anda wajib untuk mencari tahu apakah provider jasa cloud yang anda pilih tersebut menyediakan backup server apabila server tengah digunakan mengalami multifungsi. Load balancer ini sendiri berguna untuk mamandu pengguna kepada server agar bisa berjalan optimal.

3. Menawarkan layanan yang lengkap

Tips berikutnya dalam memilih cloud hosting terbaik adalah dengan melihat layanan yang ditawarkan. Pastikan perusahaan yang anda pilih tersebut menyediakan dukungan yang penuh terhadap anda. Dengan cara inilah maka anda bisa langsung memperoleh solusi ketika anda mendapatkan masalah.

Perusahaan yang professional biasanya bersedia untuk menyediakan fasilitas customer service selama 24 jam setiap harinya. Dengan kemudahan dalam dihubungi inilah maka anda bisa segera mendapatkan solusi terbaik apabila menemukan masalah.

4. Jaminan keamanan yang baik

Ini juga menjadi hal penting selanjutnya ketika anda tengah mencari cloud hosting. Dimana anda wajib memastikan apabila provider yang anda pilih tersebut menyediakan sistem keamanan yang komplit dan berkualitas. Hal ini tidak lain adalah untuk menghindari adanya pembobolan data yang berasal dari pengguna yang tidak bertanggung jawab.

5. Skala

Selain itu, anda juga bisa melihat apakah perusahaan provider cloud hosting yang anda pilih tersebut akan memberikan kesempatan bagi anda untuk mengukur performa server kapanpun atau tidak. Pastikan perusahaan yang anda pilih menyediakan layanan yang satu ini.

Dengan cara inilah maka pengguna akan mudah untuk melakukan peningkatan server atau upgrade ketika mengelola adanya lonjakan traffic yang datang secara signifikan.

6. Evaluasi

Semakin banyak penyedia cloud hosting yang bermunculan di masyarakat membuat mereka juga menyediakan fasilitas uji coba yang bisa anda coba dahulu. Nah, disinilah anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Dimana anda harus merasakan kualitas dari layanan tersebut. Setidaknya akan membantu anda apakah perusahaan tersebut layak untuk digunakan atau tidak

7. Kelebihan cloud hosting

Setelah anda menyimak tips memilih cloud hosting terbaik, berikut ini kelebihan dari menggunakan hosting ini.

8. Akses yang mudah

Dengan menggunakan cloud hosting, anda dijamin akan diberikan kemudahan dalam mengakses data maupun aplikasi. Anda juga tidak perlu berada di computer yang sama untuk bisa mengaksesnya

9. Biaya yang lebih efisien

Untuk anda yang menggunakan cloud hosting maka anda akan dimanjakan dengan biaya yang lebih efisien. Hal ini tidak lain karena dengan menggunakan cloud hosting inilah maka suatu perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan bahkan biaya operasional lainnya.

10. Kemudahan dalam manajemen server

Proses monitoring maupun manajemen server juga akan semakin mudah apabila anda menggunakan cloud hosting ini. Hal ini tidak lain karena semua sudah terkoneksi dengan web secara langsung.

11. Meningkatkan ketersediaan data

Dengan cloud hosing, anda juga bisa melakukan peningkatan ketersediaan data. Hal ini tidak lain karena cloud computing biasanya akan didesain dengan high availability.

Demikian tips dalam memilih cloud server. Bukan hanya itu saja penggunaan dari cloud server ini memang menghadirkan banyak kelebihan. Dengan info diatas, dijamin anda bisa menemukan cloud hosting terbaik.

 

Leave a Reply