Mencari Hunian Ramah Lingkungan? Green Pramuka City Jawabannya

Tinggal di hunian padat penduduk apalagi di pusat kota tentu harus mempertimbangkan aspek kesehatan lingkungan. Aspek kesehatan lingkungan merupakan aspek penting mengingat faktor ini menjadi faktor penentu keberlanjutan daya dukung lingkungan terhadap manusia. Hal inilah yang menjadi salah satu fokus utama dari pengembang Green Pramuka City di pusat kota Jakarta.

Berlokasi di Jakarta Pusat, kawasan hunian vertikal dengan jumlah penghuni mencapai lebih dari 20 ribuan orang tentu wajib memperhatikan keberlanjutan lingkungannya. Pasalnya, banyak aktivitas manusia di dalam kawasan ini yang dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap kesehatan lingkungan sekitar. Oleh karenanya, dengan mengusung konsep Green City, ada berbagai pengelolaan ramah lingkungan yang sudah diterapkan di kawasan ini.

Berbagai Pengelolaan Lingkungan yang Ramah di Kompleks Apartemen

1. Sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta

Sebagai sebuah kawasan hunian skala besar, pengelola atau developer kawasan hunian vertikal ini memahami wajibnya untuk membangun sebuah instalasi pengolahan air limbah. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 122 tahun 2005 terkait Pengelolaan Air Limbah Domestik. Dalam rangka mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan Pemda DKI Jakarta, developer pun sudah membangun fasilitas pengolahan air limbah mandiri.

Bisa dikatakan, faktor kepatuhan developer terhadap peraturan pendirian bangunan menjadi salah satu faktor penting ketika Anda memilih suatu hunian. Ketika Anda membeli hunian yang dibangun tanpa memperhatikan aspek ketaatan terhadap peraturan, dikhawatirkan ke depannya akan ada permasalahan yang timbul.

2. Memiliki fasilitas pengolahan air limbah mandiri

Developer apartemen dengan konsep Green City ini sudah membangun fasilitas pengolahan air limbah mandiri bahkan sejak awal mengembangkan apartemen. Berbagai limbah cairan yang berasal dari aktivitas penghuni seperti pembuangan kamar mandi, cuci piring, wastafel dan sebagainya akan dikumpulkan di STP (Sewage Treatment Plant).

3. Proses Pengolahan Air Limbah yang Ketat

Pengelola juga tidak sembarangan dalam melakukan proses pengolahan limbah. Hal ini terbukti dari ketat dan terorganisirnya berbagai pengolahan air limbah yang sesuai dengan standar. Untuk air limbah toilet, maka akan dilakukan Screen Chamber sementara air limbah dapur akan dilakukan Grease Trap.

Setelah itu, air juga akan melalui berbagai pengolahan kembali hingga pengecekan kelayakan air di jungle pond (kolam hidup). Tempat ini merupakan indikator kelayakan air. Jika makhluk hidup di dalam kolam tetap sehat, maka artinya air sudah layak.

4. Pemanfaatan Air Maksimal

Seluruh air yang sudah diolah tersebut akan digunakan sebagiannya untuk penyiraman tanaman. Dengan begitu, seluruh aktivitas di dalam lingkungan apartemen terjaga dan ramah lingkungan.

Berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kav 49 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Green Pramuka City menyediakan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk penghuninya. Tidak hanya itu, konsep keberlanjutan dan ramah lingkungan pun terus menjadi salah satu pedoman utama yang dipegang para pengelola.

 

Leave a Reply