Penyebab Nyeri Haid

Nyeri ketika datang bulanmemang merupakan masalah yang cukup banyak terjadi pada wanita yang sedang dalam siklus haid. Iya pasalnya nyeri haid memang membuat kita terkadang kesakitan. Nyeri ketika saat haid pada umumnya merupakan indikasi bahwa haid kita sedang tidak lancar. Rasa nyeri pada saat haid biasanya juga disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satu yang menjadi faktor munculnya rasa nyeri pada haid adalah terjadinya penebalan dinding yang tidak normal atau endometriosis. Iya penderita ini biasanya akan mengeluhkan haid yang deras dalam jangka waktu yang lama serta dengan periode yang tidak teratur. Selain itu penderita endometriosis juga sering mengeluhkan nyeri yang luar biasa ketika menstruasi, nyeri pada panggul, bahkan juga terasa nyeri ketika buang air besar, buang air kecil, serta saat melakukan hubungan intim.

Endometriosis sendiri merupakan kondisi tidak normal penebalan jaringan dinding rahim. Hal tersebut menyebabkan kondisi dinding rahim mengalami penebalan saat menjelang masa ovulasi untuk persiapan agar calon janin dapat menempel pada rahim ketika terjadi pembuahan. Nah apabila tidak terjadi pembuahan, maka endometrium akan meluruh menjadi darah dan kemudian keluar melalui miss V yang akhirnya dapat disebut sebagai menstruasi.

Endometriosis sendiri sebenarnya bisa saja muncul pada wanita yang berada pada usia subur, namun sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari masalah ini. Namun ada beberapa hal yang dicurigai sebagai penyebab dari munculnya masalah ini yakni faktor lingkungan, faktor genetika, dan juga faktor anatomi tubuh yang dapat berperan dalam munculnya endometriosis.

Nah untuk mengatasi masalah penyebab haid tidak teratur tanggalnya Anda dapat melakukan beberapa hal mulai dari menjaga pola hidup sehat. Untuk menjaga pola hidup sehat ini Anda bisa memulainya dari pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat tentunya tidak hanya makan tiga kali dalam sehari saja, melainkan juga meliputi makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Selain itu pastikan juga rajin berolahraga, sebab selain membuat tubuh lebih sehat dan menjaga berat badan agar tetap ideal, olahraga juga dapat menghindarkan dari stres sehingga nantinya akan menjadi solusi bagi masalah nyeri haid dan haid yang tidak teratur.

 

Leave a Reply