Perbedaan Web Hosting Indonesia dengan Luar Negeri

DomaiNesia Domain Indonesia

Baik itu web hosting Indonesia web hosting dari luar negeri, sebenarnya masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Bagi Anda yang masih pemula di bidang ini, tentu memutuskan apakah ingin menggunakan web hosting asal negeri sendiri ataukah luar negeri cukup membingungkan.

Jika Anda melakukan riset kecil-kecilan, beberapa situs akan menyarankan Anda untuk menggunakan hosting dalam negeri jika target pembaca dalam negeri. Sebaliknya, Anda disarankan menggunakan hosting luar negeri jika target pembaca berasal dari mancanegara. Padahal, tidak selalu menggunakan server Indonesia untuk kemudian diakses pengunjung luar negeri membuatnya menjadi lelet. Anda justru bisa menghemat biaya pengeluaran dengan cara ini.

Perbedaan Web Hosting Indonesia Dibanding Luar Negeri

Untuk memutuskan apakah ingin menggunakan web hosting Indonesia ataukah luar negeri sebenarnya tergantung kebutuhan dan target Anda. Sehingga memang tidak bisa digeneralisir mana yang terbaik.

1. Hosting untuk Profil Toko Online atau Company Profile

Jika Anda membutuhkan jasa hosting web untuk kebutuhan company profile maupun toko online dengan target penjualan masyarakat Indonesia, maka hosting web Indonesia sebenarnya sudah cukup Anda pilih. Selain harga yang cenderung lebih murah ketimbang web hosting luar negeri, web hosting dari Indonesia akan membuat routing lebih pendek. Alhasil, konsumen Anda akan lebih cepat dalam mengakses website.

Namun, seringkali orang khawatir menggunakan jasa hosting web dalam negeri akan membuat website sulit dilacak oleh Google. Apabila Anda mendaftarkan website ke Google Webmaster central, adanya pemberitahuan “Google bot cannot access your site” sering menjadi kekhawatiran tersendiri. Padahal, ketidakmampuan pengindexan website oleh Google mungkin hanya terjadi sekali atau dua kali. Yang jelas di kemudian hari website Anda tetap terindex oleh Google.

2. Hosting untuk Website Khusus Berita dan Blog

Jika Anda mengelola website blog maupun berita, umumnya model platform yang digunakan adalah wordpress. Sementara menggunakan model platform wordpress dengan server hosting Indonesia seringkali menimbulkan hambatan. Beberapa hambatan yang umum terjadi adalah koneksi terganggu ketika Anda sedang menginstal template ataupun plugin dari dashboard wordpress. Beberapa plugin yang sedang diinstal seringkali mengalami kegagalan di tengah penginstalan.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan server hosting dari Indonesia yang kecil ataupun penuh. Alhasil, Anda harus bergantian dengan pengguna lain saat melakukan proses upgrade maupun instalasi. Solusi jika Anda mengalami hal ini tentunya adalah dengan menggunakan server hosting dari USA.

Ada dua alasan kuat mengapa Anda sebaiknya menggunakan server hosting USA jika mengalami masalah ini, yakni server wordpress yang berasal dari USA. Kedua, server untuk template dan plugin wordpress berada di USA. Oleh karenanya, menggunakan server USA akan membuat proses instalasi template dan plugin wordpress Anda lebih cepat tanpa hambatan.

3. Hosting untuk Kebutuhan Email

Untuk pertimbangan antara menggunakan web hosting Indonesia ataukah luar negeri dalam urusan email, sebenarnya pembahasan ini harus dipisah oleh dua tujuan. Tujuan penggunaan pertama adalah apabila penggunaan email hanya untuk internal karyawan atau domain dalam negeri. Sementara tujuan kedua adalah email ditujukan untuk mengirim pesan ke server dari luar negeri seperti gmail maupun yahoomail.

Jika Anda masuk ke dalam tujuan pertama, maka tentu akan lebih hemat dan cepat jika Anda menggunakan server dalam negeri. Lebih cepat karena email tidak perlu routing ke luar negeri. Selain untuk pengiriman internal perusahaan, server hosting Indonesia juga bisa digunakan untuk mengirim email ke pihak lain namun yang masih menggunakan email hosting server Indonesia.

Sebaliknya, jika tujuan email Anda masuk ke dalam tujuan kedua, mungkin akan lebih baik jika Anda menggunakan server dari luar negeri. Hal ini dikarenakan server dari luar negeri akan membuat pengiriman email Anda terjadi lebih cepat ketimbang menggunakan layanan dalam negeri. Sementara jika menggunakan layanan server dalam negeri proses sampainya pesan akan lebih lambat. Penyebab terlambatnya itu dikarenakan bandwidth yang penuh.

4. Hosting untuk Kebutuhan Database MySQL

Jika penggunaan server hosting Anda adalah untuk kebutuhan database mysql, maka umumnya lebih disarankan menggunakan hosting dari Indonesia. Umumnya, penggunaan database mysql sendiri adalah untuk pembuatan aplikasi lokal seperti aplikasi pendataan, database sekolah, crm dan aplikasi penjualan. Oleh karena itu, tentu akan lebih hemat dan cepat jika menggunakan server dalam negeri.

Alasan pemilihannya sendiri adalah dikarenakan penggunaan server dalam negeri untuk database tentu akan membuat routing lebih pendek. Alhasil, akses pun akan lebih cepat dilakukan. Sebaliknya, jika menggunakan server hosting dari luar negeri, maka proses routing akan lebih panjang karena harus dikirim ke luar negeri terlebih dahulu. Alhasil, akses data tentu akan semakin lama.

Dengan memahami beberapa poin di atas, Anda dapat menentukan web hosting manakah yang lebih tepat untuk Anda sesuai dengan kebutuhan.

 

Leave a Reply