3 Jenis Hearing Aid yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membelinya!

www.AARP.com

Telinga merupakan indera organ tubuh yang penting sekali bagi manusia, telinga punya peran sangat penting untuk menyerap atau mendengar informasi dari orang lain. Kesehatan telinga harus benar-benar dijaga dan butuh perawatan sejak dini, namun banyak sekali yang tidak menghiraukannya sehingga terjadi penyakit telinga dan akhirnya menimbulkan pendengaran yang berkurang.

Jika kamu memiliki penyakit saraf telinga atau kurang pendengaran, sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu pada dokter dan ikuti resepnya. Jangan sampai kamu ambil tindakan sendiri nanti akhirnya bisa menyebabkan ketulian. Pasti kamu tidak maukan terjadi infeksi dan memakai alat bantu seperti gambar yang ada di bawah ini.

sumber: sentralalkes.com

Gangguan pendengaran terjadi pada siapapun dan tidak mengenal usia. Gangguan pada telinga sangat berpengaruh dalam aspek kehidupan dan kesehatan manusia, maka dari itu kamu harus segera pergi ke dokter spesialis THT jika pendengaran kamu mulai terganggu.

Tanda atau gejalanya kurang pendengaran pada telinga manusia diakibatkan dengan adanya faktor lingkungan yang dikarenakan sering mendengar suara bising, dan akhirnya akan terkena infeksi pada telinga, sehingga saraf telinga rusak atau bisa juga adanya faktor keturunan. Nah, apabila itu semua terjadi pada kamu, sudah pasti kamu tidak mendengar suara apapun sehingga kamu tidak percaya diri untuk bergaul atau berbicara dengan teman-teman di lingkungan sekitarmu. Jika itu memang tidak bisa disembuhkan dan terjadi tuli permanen, pasti ada alat untuk membantu pendengaran telinga. Alat tersebut yaitu hearing aid yang kegunaannya untuk membantu pendengaran telinga sehingga bisa mendengar dengan normal.

www.kenaliabd.id

Saat ini alat bantu dengar telinga dirancang sedemikian rupa dan ada 3 jenis yang perlu kamu ketahui yaitu, ada yang pakai tali seperti model BTE ini yang cara pemakaiannya diletakkan pada belakang telinga dengan sambungan selang kecil. Selang kecil tersebut berguna untuk penyalur suara pada telinga yang dikenal dengan speaker BTE. Lalu ada juga model ITE, model ITE ini alat bantu pendengaran yang berbentuk kecil sehingga tidak nampak bila dibandingkan dengan model BTE. Model ITE dirancang khusus untuk penderita gangguan telinga ringan atau berat, karena bisa tembus mendengar suara headphone.

Sedangkan ada alat yang dirancang lebih khusus lagi, dimana alat dengar tersebut dipakai di dalam telinga sampai tidak terlihat oleh mata yaitu, model CIC. Model ini bentuknya lebih kecil lagi jika dibandingkan dengan kedua model seperti BTE dan ITE. Jika kamu memakai alat ini seperti model CIC seolah-olah kamu seperti tidak memakai alat tersebut, karena ukurannya yang sangat kecil sekali dan memiliki warna transparan menyatu dengan warna kulit kamu.

Alat bantu dengar dengan teknologi canggih ini tidak selamanya awet. Nah, alat tersebut butuh perawatan secara berkala agar komponennya tidak mudah rusak. Ikuti juga buku panduan alat pembantu pendengaran telinga supaya frekuensi suaranya tetap optimal.

Seandainya kamu memiliki alat seperti hearing aid ini, hindari alat tersebut dari terik sinar matahari dan juga jangan tinggalkan di dalam mobil. Jangan sampai ini ada di tempat yang lembab, apalagi alat tersebut dipakai berenang karena akan merusak komponen didalam alat bantu pendengaran.

Seperti yang sudah di katakan tadi bahwa alat bantu dengar fungsinya meningkatkan pendengaran dan juga untuk memahami pembicaraan orang lain. Jika telinga kamu kurang mendengar suara itu tandanya ada kerusakan dalam saraf telinga kamu. Maka dari sekaranglah kamu harus berhati-hati pada bagian telinga, jangan sampai luka atau terinfeksi. Semua itu akan mengakibatkan kerusakan gendang telinga yang dapat berdampak kamu mengalami tuli permanen.

Demikian ulasan alat bantu pendengaran di atas yang harus kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya!

 

Leave a Reply