Rekomendasi Cara Cek Domain Untuk Menemukan Nama Domain Bagi Website Anda

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis di dunia internet, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah sebuah website. Saat ini, sudah banyak penyedia layanan hosting Indonesia yang menyediakan berbagai layanan yang menyertakan domain gratis.

Kenapa Harus Menggunakan Nama Domain Sendiri?

Sebenarnya tanpa nama domain, sebuah website tetap bisa diakses dengan mengingat alamat IP-nya. Alamat IP ini berupa angka yang akan menuju ke website. Semakin banyaknya website saat ini tentu mustahil untuk bisa mengingat alamat IP.

Maka dari itu hadirlah inovasi nama domain. Dengan menggunakan kata yang mudah diingat, sekarang tidak perlu lagi mengingat alamat IP sebuah website. Saat ini beberapa ekstensi domain yang populer adalah .com, .net, .org atau .info.

Indonesia sendiri mempunyai alamat domain dengan ekstensi .id atau .co.id. Selain kemudahan akses, nama domain membuat website lebih terlihat professional. Misalnya sebuah perusahaan besar, tentu akan lebih pas jika menggunakan nama domain dengan ekstensi co.id daripada .blogspot.com.

Dengan menggunakan nama domain sendiri, selain mudah diingat juga bisa memberikan kemudahan ketika ingin berpromosi secara offline. Nama website bisa dicetak di papan iklan atau di brosur. Ketika ada calon pembeli yang tertarik maka mereka bisa membaca informasi lebih lengkap di website tersebut. Hal ini tentu sangat menghemat waktu jika dibandingkan dengan menjelaskan secara langsung kepada calon pembeli.

Dalam pemilihan nama domain tidak sembarangan, sebisa mungkin jangan gunakan angka atau tanda “-“. Pastikan nama domain tersebut bisa dengan mudah diingat ketika diucapkan tanpa melihat tulisannya. Usahakan juga nama domain tidak lebih dari 3 suku kata.

Untuk mendatangkan banyak pengunjung, maka pemberian nama domain yang sesuai juga harus menjadi bahan pertimbangan yang matang. Cara cek domain mulai dari biaya yang gratis hingga nama yang sesuai dapat terbantu jika Anda dapat menemukan situs domain yang sesuai. Berikut adalah beberapa rekomendasi beberapa situs domain yang bisa membantu.

Domain Tools

Di dalam situs domaintools.com Anda dapat menemukan berbagai rekomendasi nama domain yang diinginkan. Caranya dengan membuka fiur suggestions yang terdapat dalam situs tersebut.

Selain itu ada juga fitur Whois dimana Anda dapat menemukan identitas pihak-pihak yang telah terlebih dahulu membeli nama domain incaran Anda.

DomainsBot

Cara cek domain lain dapat dilakukan dengan mengunjungi situs domainsbot.com. Keunggulan dari situs ini adalah adanya fitur Advanced Search yang bisa menampilkan banyak nama-nama domain pilihan yang cocok untuk Anda.

Selain itu, situs ini juga membantu dalam mengatur panjangnya karakter yang dibutuhkan untuk membuat suatu nama domain.

Domainr

Di dalam situs ini, Anda dapat menemukan berbagai rekomendasi nama domain yang cukup kompleks. Hanya dengan mengetikkan nama domain incaran, maka secara otomatis rekomendasi nama-nama akan muncul.

Tidak hanya dapat menghadirkan rekomendasi nama dengan akhiran.com, namun juga dapat menampilkan domain dengan akhiran.net atau Country Code Top Level Domain. Dengan begitu, Anda dapat memilih berbagai nama unik yang dhasilkannya.

BustAName

Rekomendasi situs doamin lain yang tak kalah hebatnya yaitu BustAname. Berbagai rekomendasi nama-nama domain yang dihasilkan dari situs ini bisa diatur dan disortir di dalam satu folder sehingga akan memudahkan Anda untuk memilih nama yang sesuai.

Didalam situs ini juga terdapat List of Word dimana situs akan memberikan masukan masukan nama domain sesuai dengan yang diinginkan.

Dot-o-mator

Untuk mencari rekomendasi nama-nama domain yang dinginkan, Anda dapat mengunjungi dotomator.com. Situs ini akan secara otomatis memberikan rekomendasi nama-nama domain yang sesuai dengan prefiks dan sufiks.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menemukan berbagai nama domain seperti Yakidoo atau Shadapp yang berbasis Web 2.0

Itulah beberapa rekomendasi situs domain yang bisa Anda gunakan untuk mencari calon nama domain website pribadi maupun bisnis yang sedang dikembangkan. Cara cek domain juga tentunya menjadi lebih mudah.

Anda dapat mencoba beberapa situs tersebut untuk menemukan nama domain yang tepat. Buat blog gampang juga sudah bukan sesuatu yang mustahil lagi. Jika nama domain incaran sudah didapatkan, maka segera mendaftarkan website anda ke penyedia layanan hosting yang banyak tersedia saat ini.

 

Leave a Reply