7 Teknik yang Harus Kamu Ketahui Ketika Belajar Menggunakan Kamera DSLR

Bagi kamu yang sedang terjun di dalam dunia fotografi, tentunya harus memahami tata cara menggunakan kamera dengan baik dan benar. Tidak perlu memikirkan hasil gambarnya, karena kamu harus memahami setiap fitur yang ada id dalam kamera sekaligus kegunaannya.

Salah satu jenis kamera yang paling banyak diburu oleh masyarakat muda yaitu kamera DSLR. Melalui fitur dan efek kamera DSLR itulah yang mampu memberikan hasil yang lebih detail, tajam, dan juga kreatif. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh DSLR. Oleh karena itu kamu harus tahu cara menggunakan kamera DSLR yang tepat.

Cara Menggunakan Kamera Bagi Kalangan Pemula

Karena banyaknya fitur yang ditawarkan oleh kamera DSLR, wajar saja bila sering kali membuat para pemula merasa kebingungan dalam menggunakannya. Bagi pemula wajib mengetahui satu persatu dari fitur yang ada id dalam kamera. Dengan cara inilah yang akan memudahkan kamu dalam mengambil gambar nantinya.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan, yaitu:

1. Kamu harus mengenali setiap ikon tombol pada kamera

Untuk bisa menghasilkan gambar yang lebih maksimal, maka kamu harus mengenali setiap ikon tombol yang ada di dalam kamera. Tombol pengaturannya memang akan berbeda antara kamera yang satu dengan yang lainnya. Kamu harus mengetahui bagian tombol pengaturan white balance, ISO, maupun autofocus.

2. Pahami mode shutter dan aperture agar mudah dalam memotret

Cara menggunakan kameraselanjutnya yaitu dengan memahami mode shutter dan juga aperture. Mode ini sangat penting dalam kamera digital, karena bisa memudahkan kamu ketika akan memotret. Untuk kamu yang masih pemula, sebaiknya jangan menggunakan mode manual.

3. Kenali white balance warna objek sesuai dengan kondisi

Melalui metode white balance yang sudah kamu ketahui, maka kamu bisa mengambil objek yang bagus dan warnanya pun juga bisa disesuaikan dengan kondisi. Pastikan kamu tidak memotret objek dengan warna yang tidak sesuai dengan aslinya.

4. Penggunaan histogram sebagai komponen yang paling vital

Dalam menggunakan kamera tidak hanya memperhatikan dari segi efek kamera DSLRsaja. Akan tetapi kamu juga harus memperhatikan dari penggunaan histogram juga sebagai komponen yang paling vital. Dengan menggunakan histogram, maka kamu dapat mengetahui hasil gambar objek yang lebih mendetail.

5. Mengetahui Automatic Exposure Bracketing

Fitur automatic exposure bracketing akan sangat membantu bagi fotografer pemula agar bisa mengambil objek yang lebih sempurna meskipun objek berada pada cahaya yang lebih terang. Cara menggunakan kameradengan automatic exposure bracketing hasil objek lebih bagus.

6. Fitur shutter untuk membuat lensa lebih fokus

Bagi pemula, menggunakan fitur shutter sangatlah tepat, karena bisa menjadikan lensa lebih fokus. Penggunaannya pun juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena kamu harus mengetahui waktu yang tepat dalam melepas shutter.

7. Mengunci fokus agar gambar lebih fokus

Agar gambar lebih fokus, maka kamu harus mengunci fokus, yaitu seperti focal length. Ppastikan kamu tidak salah dalam menguncinya. Karena jika kamu salah dalam menguncinya, maka bisa jadi hasil foto yang kamu dapatkan akan blur.

Cara menggunakan kameraSDLR memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui setiap teknik yang kamu gunakan. Selain mengetahui efek kamera DSLR, maka para fotografi pemula pun haruslah mengetahui banyak hal mengenai dunia fotografi, termasuk ke 7 teknik di atas.

 

Leave a Reply