Si Kecil Belajar Menulis? Ajarkan dengan Cara Sukses Ini

Anak Belajar Menulis

Umur 3 sampai 4 tahun merupakan umur yang pas buat mengajarkan si kecil belajar menulis. Pre writing skills harus diasah di usia-usia emas agar kemampuan motoriknya terus berkembang. Nggak mau kan waktu sudah mulai masuk umur 7 tahun ke atas, perkembangan motoriknya melambat?

Ada banyak keterampilan kok yang bisa meningkatkan motoriknya, seperti menarik garis, menggambar mengikuti titik, membuat lingkaran, dan sebagainya. Bisa juga sih mengajarkan buah hatimu mewarnai. Tapi, tetap pilih alat tulis yang bentuknya gemuk agar gampang dipakai di tangannya.

Kamu sebagai orang tua bisa menambah rangsangannya buat belajar menulis dengan menuliskan pesan di sebuah kertas dan membacakannya untuk si kecil. Nanti, ajak mereka buat menuliskan lagi kata-kata yang kamu tuliskan sebelumnya. Pakai alat tulis yang menarik agar mereka nggak gampang bosan. Bisa pakai kertas berwarna atau spidol.

Nggak cuma itu saja mengajarkan anak menulis. Coba deh kamu lihat dulu cara-cara suksesnya di bawah ini.

  • Sediakan alat tulis yang beragam

Sebagai orang dewasa, terkadang menggunakan alat tulis yang bervariasi membuat kita nggak bosan dan selalu tertarik buat menulis. Begitu juga kok dengan anak-anak. Mereka suka banget kalau disediakan alat-alat tulis yang banyak macamnya.

Sediakan saja spidol atau pensil berwarna dengan banyak macamnya agar mereka bisa belajar kreativitas sambil menulis. Bisa juga kamu berikan buku gambar atau kertas bergambar yang mereka suka. Jadi, selalu ada rasa penasaran buat mereka yang mau mencoba menulis terus.

  • Sediakan tempat belajar yang nggak kaku

Tempat bekerja atau ruang kelas yang kaku pasti nggak banyak yang suka. Kita akan cepat jenuh, cepat stress, atau nggak ada mood buat mengerjakan tugas. Sama juga dengan anak-anak. Mereka yang nggak disediakan tempat belajar yang menyenangkan sesuai usia mereka, tentu akan mengalami hal yang sama, stress, nggak mood belajar, dan sebagainya.

Buat saja ruang khusus belajar dengan memberikan dekorasi yang lucu atau memakai alat-alat belajar yang sudah diberikan gambar-gambar yang menarik buat mereka. Untuk meja dan kursinya, kamu pilih yang punya desain anak-anak atau kamu bisa minta si kecil memilih karakter apa yang disukainya. Jadinya, mereka bisa semangat terus buat belajar menulis.

  • Ajarkan dengan cara kreatif

Mengajarkan anak-anak menulis sebenarnya ada banyak cara. Nggak harus menggunakan alat-alat tulis pada umumnya, seperti pensil, spidol, dan lainnya. Ajak saja ke halaman atau ke taman dan ambil ranting yang jatuh. Kamu bisa mengajak mereka menuliskan nama atau kata-kata apa pun di tanah memakai ranting itu.

Bisa juga kalau kamu sedang ke pantai bersama si kecil, ajak saja mereka menuliskan kata-katanya di pasir pantainya. Jadinya, mereka bisa belajar untuk lebih kreatif dalam berbagai hal.

  • Sering ajak ngobrol

Anak-anak usia 3 sampai 4 tahun lagi masa-masa emasnya buat belajar kosa kata. Apa pun orang dewasa katakan, pasti dengan gampang mereka serap dan mereka praktekan. Karena itu, kamu sering-sering ajak ngobrol agar perbendaharaan kosa katanya semakin banyak. Lalu, apa hubungannya dengan ajak ngobrol dan menulis?

Membiasakan anak di ajak ngobrol akan menambah kosa katanya yang baru. Kalau kamu memberikan komunikasi yang baik, nanti mereka bisa dengan cepat belajar menulis. Selain itu, dengan cepat mereka juga bisa mengikuti kata-kata apa yang perlu mereka tulis saat belajar.

Nggak susah sih mengajarkan si kecil menulis. Pokoknya kamu ikuti saja cara-caranya di atas agar buah hatimu bisa dengan cepat menyerap kemampuan motoriknya. Jangan paksa mereka buat belajar, bisa-bisa mereka trauma dan nggak mau belajar lagi. Buat saja suasana yang asyik, jadi mereka bisa mau belajar dengan semangat.

 

Leave a Reply