Honda ADV Vs Yamaha Nmax, Mana yang Lebih Menarik?

, , Leave a comment

Sepeda motor sudah menjadi kebutuhan yang mutlak harus dimiliki. Hal inilah yang membuat produsen memproduksi sepeda motor dengan berbagai model dan spesifikasi. Salah satu model sepeda motor yang paling diminati saat ini adalah sepeda berkapasitas besar dengan desain body yang gagah. Yamaha terlebih dahulu mengeluarkan sepeda motor berkapasitas besar Nmax. Saat ini, Honda juga mengeluarkan sepeda motor Adventur ADV. Lalu, Sepeda motor mana yang terbaik, apakah ADV atau N-Max. Simak penjelasan berikut ini.

Fenomena munculnya Honda ADV second

Honda ADV digadang-gadang mampu menyaingi Yamaha N-max. Namun, pada kenyataannya, muncul ADV second setelah 1 bulan peluncuran (baca: https://otomotifnet.gridoto.com/read/231804358/honda-adv150-sudah-ada-bekasnya-pemilik-cuma-pakai-1-2-hari-ahm-kasih-komentar). Lalu, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Salah satu penyebab munculnya ADV second setelah 1 bulan peluncuran adalah performa mesin yang tidak maksimal. ADV menggunakan mesin yang sama dengan PCX, yaitu rakitan lokal dari pabrik Sunter. Seperti telah diketahui, bahwa banyak orang yang mengkomplain performa mesin dari PCX, mulai dari gredek di putaran bawah, tarikan yang berat, hingga mesin yang mudah mati.

Honda ADV juga kurang nyaman dipakai untuk berkendara jarak jauh, karena bentuk jok yang tidak seluas Honda PCX maupun Yamaha Nmax. Selain itu, pijakan kaki juga tidak lebar, sehingga terasa tidak nyaman saat berkendara.

Perbandingan ADV dengan Nmax

ADV dan Nmax merupakan sepeda motor dengan kapasitas 150cc yang dilengkapi berbagai fitur unggulan. Nmax sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai sepeda motor berkapasitas besar dengan desain body yang gagah, tetapi tetap nyaman dipakai. ADV merupakan sepeda motor produksi Honda yang mencoba menggantikan posisi Nmax. Namun, hal ini sulit terjadi, karena Nmax memiliki berbagai spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan ADV. Berikut beberapa keunggulan dari Nmax.

  • Performa mesin

Jika dilihat dari performa mesin yang digunakan, Nmax memiliki mesin yang lebih tangguh dibandingkan ADV. ADV menggunakan mesin eSP 149.3 cc SOHC 2-klep pendingin cairan, sedangkan Nmax menggunakan mesin Bluecore 155cc AOHC 4-klep pendingin cairan dengan variabel velve actuation. Nmax menggunakan mesin 4 klep, dimana 2 dari 4 klep akan berganti kecepatan mengikuti putaran mesin, sehingga tarikannya menjadi lebih baik dan tetap menghemat BBM.

Tenaga yang dihasilkan mesin Nmax juga lebih besar dibandingkan ADV. ADV menghasilkan tenaga 14.3dtk/8.500rpm dengan torsi 13.8Nm/6.500rpm, sedangkan Yamaha Nmax menghasilkan tenaga yang lebih besar yaitu 14.88dtk/8.000rpm dengan torsi 14.4Nm/6.000rpm.

  • Desain

Nmax memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan ADV. Nmax memiliki ukuran memiliki ukuran 1.955x 740×1.115mm, sedangkan ADV memiliki ukuran 1.923x745x1.107mm. Meskipun memiliki body yang besar, Nmax tetap nyaman digunakan untuk berkendara jarak jauh, karena memiliki pijakan kaki yang lebih luas.

Nmax menghadirkan desain baru dengan lingkar roda yang dilabur dengan emas dan subtansi belakang subtank. Selain itu, windscreen dibuat agak landai, sehingga memiliki aerodinamika yang semakin baik. Nmax juga telah menggunakan lampu LED pada headlamp, lampu jauh, dan rem.

  • Fitur

Nmax memiliki sistem pengereman ABS yang lebih unggul dibandingkan ADV. Meskipun sama-sama menggunakan sistem pengereman ABS (Antilock breaking system), Nmax lebih unggul karena telah menggunakan dua channel, sedangkan ADV hanya satu channel, yaitu di depan saja.

  • Harga

Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan, Nmax dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan ADV. Nmax dijual dengan harga 27 jutaan sampai 31 jutaan, sedangkan ADV dijual dengan harga 33 jutaan sampai 36 jutaan.

 

Leave a Reply