Mengenal Lebih Dekat Cara Rehabilitasi Kecanduan Game Online di Ponpes Nurul Firdaus Ciamis

Kecanduan kebiasaan buruk tentunya tak mudah untuk dihilangkan. Meski demikian, bukan berarti kecanduan hal buruk tersebut sama sekali tak bisa hilang. Prosesnya memang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun salah satu hal buruk yang sudah sering menjangkit sebagian besar masyarakat yaitu kecanduan game online. Jika orang terdekat anda mengalami hal tersebut, pastikan anda segera memberikan penanganan berupa rehabilitasi.

Cara rehabilitasi kecanduan game online bisa dilakukan secara tepat apabila dilakukan oleh ahlinya.

Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak tempat yang dihadirkan secara khusus untuk merehabilitasi kecanduan game online.

Adapun salah satunya yaitu Pondok Pesantren Nurul Firdaus yang beralamat di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Dusun Panoongan RT 19/RW 06, Desa Kertaraharja.

Pondok pesantren yang satu ini terbukti mampu memberikan penanganan kecanduan berupa rehabilitasi.Setelah sukses dengan layanan rehabilitasi kecanduan narkoba, Pondok Pesantren Nurul Firdaus Ciamis juga siap melayani rehabilitasi karena kecanduan game online.

Cara Rehabilitasi Kecanduan Game Online

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini turut mempengaruhi kehadiran game online. Kini game online semakin merajalela dengan beragam jenis dan versi permainan.

Minat terhadap game online ini pun tak hanya dari kalangan anak-anak saja, akan tetapi juga remaja dan bahkan orang dewasa. Selain itu, pemain game online juga mencangkup laki-laki dan perempuan.

Hanya saja, laki-laki masih mendominasi masalah kecanduan game online ini.

Pondok Pesantren Nurul Firdaus Ciamis pun menjadi solusi terbaik dalam mengatasi kecanduan game online. Pondok Pesantren Nurul Firdaus siap membantu penanganan kecanduan game online untuk segala usia dan gender.

Dalam memberikan penanganan, Pondok Pesantren Nurul Firdaus menerapkan berbagai cara rehabilitasi kecanduan game online yang berkualitas. Mulai dari terapi, metode, hingga pembinaan.

Terapi dan Metode Rehabilitasi Kecanduan Game Online

Untuk terapi, Pondok Pesantren Nurul Firdaus memberikan penanganan kepada santri dengan layanan pengobatan farmakoterapi. Layanan terapi ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat adiksi sekaligus dampak yang dialaminya.

Selain layanan pengobatan farmakoterapi, Pondok Pesantren Nurul Firdaus Ciamis juga memberikan penanganan berupa layanan psikoterapi.

Berkat layanan terapi yang diberikan, Pondok Pesantren Nurul Firdaus terbukti mampu mengembalikan santri ke kehidupan normalnya.

Sementara untuk metodenya, cara rehabilitasi kecanduan game online di Pondok Pesantren Nurul Firdaus dilakukan dengan metode Cognitive Behavior Therapy, Motivational Interview, dan Terapi Perilaku.

Untuk Cognitive Behavior Therapy, metode ini dilakukan untuk mengubah pola pikir yang negatif menjadi positif. Dengan demikian, pecandu game online tak akan termotivasi untuk bermain game lagi.

Selanjutnya untuk Motivational Interview, metode ini dilakukan dengan cara wawancara. Nantinya ahli dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus akan mewawancarai santri yang mengalami kecanduan game online.

Metode yang satu ini sseringkali diterapkan pada santri yang masih berusia remaja. Hal ini dikarenakan terapi Motivational Interview mengharuskan santri untuk mengambil keputusan sendiri.

Lain halnya dengan Terapi Perilaku. Metode ini dilakukan dengan merombak lingkungan sekitar. Metode ini sendiri diterapkan di rumah dengan bimbingan orangtua.

Tentunya dengan arahan dan saran dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Saat menerapkan metode Terapi Perilaku ini pun, pastikan anda melakukannya dengan pendekatan yang humanis.

Jangan sampai pecandu game online merasa tertekan atau terbebani sehingga berontak dan enggan meninggalkan kebiasaan tak baik tersebut.

Pembinaan Rehabilitasi Kecanduan Game Online

Cara rehabilitasi kecanduan game online selanjutnya yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Firdaus yaitu pembinaan. Dalam pembinaan ini, santri akan dibimbing agar lebih mengenal bidang keagamaan dan sosial.

Dengan berlandaskan pada Al-Qur’an, Al-Hadist dan Al-Sunnah, pembinaan rehabilitasi kecanduan game online di Pondok Pesantren Nurul Firdaus dimulai dengan mandi dan wudhu terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan untuk mensucikan jiwa dan raga sehingga bisa lebih siap direhabilitasi.

Selain mandi, santri juga akan dibimbing untuk menjalankan sholat, baik itu sholat fadhu maupun sholat sunnah. Ibadah sholat ini diikuti dengan tambahan materi keagamaan lainnya yang diajarkan langsung oleh Dr. Gumilar, S.Pd.,MM, yang adalah pengasuh Pondok Pesantren Nurul Firdaus.

Selanjutnya, santri akan mendapatkan penanganan berupa ruqyah syar’iyyah. Ruqyah syar’iyyah itu sendiri dikenal sebagai metode penyembuhan yang dilakukan dengan membacakan doa, zikir, surat, dan potongan ayat Al-Qur’an pada santri.

Dalam memberikan pembinaan, Pondok Pesantren Nurul Firdaus memberikan motivasi yang dikenal dengan teknik Spiritual Hypnotivation (Shot) Therapy.

Pembinaan ini dilakukan dengan tujuan supaya santri menjadi motivasi bagi dirinya sendiri agar tak kembali kecanduan game online.

Dengan menerapkan cara rehabilitasi kecanduan game online yang satu ini, santri bisa menggapai kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Teknik pembinaan Spiritual Hypnotivation Therapy ini terbukti mampu menanamkan visi dan misi spiritual pada diri santri.

Pondok Pesantren Nurul Firdaus pun mampu menghilangkan kecanduan game online sehingga santri bisa lebih dekat dengan agama dan tak mengabaikan kehidupan sosialnya lagi.

Source link: gumilar.net

 

Leave a Reply