Ikuti Tahapan-Tahapan Berikut untuk Tahu Cara Beriklan di Google

Google merupakan salah satu situs pencarian paling populer di dunia. Hampir semua orang mengunjungi situs ini. Sekedar untuk mencari info terbaru atau pun mencari rekomendasi hal-hal tertentu. Termasuk juga mencari cara beriklan di Google, juga dilakukan lewat Google. Situs ini sudah menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dengan banyaknya pengunjung situs dalam satu waktu, Google melihat potensi ini dengan menyediakan tempat untuk beriklan. Cara beriklan di Google sangatlah mudah. Setelah masuk ke laman https://ads.google.com dan klik mulai sekarang, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat iklan di Google :

1. Menentukan Tujuan

Dalam pembuatan iklan, kamu perlu menentukan tujuan akhir atau hasil yang ingin dicapai. Google menawarkan tiga opsi, yaitu :

  • Dapatkan lebih banyak panggilan
  • Dapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik
  • Dapatkan lebih banyak penjualan atau pendaftaran situs

Kemudian klik pilih sasaran.

2. Mengisi Info Mengenai Bisnis

Selanjutnya akan muncul ‘Jelaskan Bisnis Anda’. Di sini, kamu perlu mengisi data terkait bisnis yang sedang kamu jalani. Kolom yang perlu diisi adalah nama bisnis dan situs bisnis.

3. Menulis Baris Iklan

Pada tahap ini kamu akan menulis baris iklan yang akan muncul. Kamu juga perlu menentukan lokasi bisnis kamu dan seberapa jauh audiens yang ingin dijangkau. Dari jangkauan yang kamu pilih, Google akan memperlihatkan potensi audiens per bulannya.

4. Menentukan Produk atau Layanan

Tentukan produk yang kamu jual atau layanan yang kamu berikan. Di tahap ini, kamu juga perlu menuliskan kata kunci yang relevan agar iklan yang kamu pasang bisa muncul saat seseorang mencari kata kunci tersebut di Google. Misalnya, kamu bisnis kedai kopi. Kamu bisa menggunakan kata kunci seperti bisnis kedai kopi, kedai kopi enak, dan sebagainya.

5. Menentukan Lokasi

Kalau hasil akhir yang ingin kamu capai adalah kunjungan ke toko fisik, maka kamu harus mengisi bagian ini. Tapi kalau kamu punya tujuan yang lain, menentukan lokasi ini bisa menjadi opsi.

6. Mengisi Nomor Telepon

Bagi kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak panggilan untuk bisnis kamu, mengisi dan mencantumkan nomor telepon adalah hal wajib.

7. Menentukan Anggaran

Setelah semua terisi, tahapan selanjutnya mengenai cara beriklan di Google adalah menentukan anggaran. Kamu akan mendapatkan tiga opsi anggaran yang direkomendasikan. Ada rincian biaya harian dan bulanan. Kamu tinggal pilih salah satu. Boleh memilih yang paling mahal atau paling murah. Kamu juga bisa memasukkan anggaran sendiri yang lebih sesuai.

8. Konfirmasi pembayaran

Setelah menentukan anggaran dan semua tahap sudah terlewati, kamu akan mendapatkan review mengenai apa saja yang sudah kamu isi. Kamu bisa menyuntingnya jika dirasa kurang pas. Jika sudah selesai, kamu akan menerima konfirmasi pembayaran. Ada dua opsi pembayaran, yaitu :

  • Pembayaran manual, yaitu pembayaran dilakukan melalui transfer uang atau autodebet dari rekening
  • Pembayaran otomatis, yaitu pembayaran yang dilakukan melalui kartu kredit.

Setelah kamu setuju dengan anggaran yang harus kamu bayarkan serta setuju pula dengan syarat dan ketentuan beriklan di Google, kemudian klik kirim.

Cara beriklan di Google mudah, kan? Tidak serumit yang kamu bayangkan. Juga, dari segi biaya bisa disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Dengan potensi pengunjung yang begitu besar, Google menjadi pilihan yang tepat untuk beriklan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik beriklan di Google?

 

Leave a Reply