Gangguan Pendengaran Yang Harus Anda Waspadai

Kurang pendengaran sebelah dapat terjadi ketika telinga kehilangan sebagian kemampuannya untuk mendengar. Artinya, Anda hanya bisa mendengar jumlah suara yang sebatas atau tidak lebih besar dari 30 desibel (dB). Pada manusia normal yang tidak mengalami gangguan pendengaran, volume suara percakapan biasa berkisar antara 60 dB. Perlu adanya kesadaran dari penderita gangguan ini untuk melakukan pemeriksaan rutin jika sudah mengalami gejala-gejalanya. Gejala yang sering timbul adalah telinga terasa berdenging seiring tekanan dalam telinga menjadi tinggi. Hal ini biasanya terjadi jika anda bangun tidur, atau ketika anda beraktivitas kemudian suara terdengar seperti meredam. Usahakan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter THT sedini mungkin.

Alat bantu dengar menjadi solusi terbaik untuk membantu pendengaran manusia, terutama bagi yang mengalami gangguan pendengaran. Biasanya, alat ini ditempatkan di bagian dalam ataupun di bagian luar telinga guna untuk memperlancar rangsangan sensorik suara yang masuk agar semakin peka. Model alat bantu dengar yang diletakkan di dalam telinga cukup populer, karena tingkat kenyamanan dan cukup ringan, bahkan tidak terlalu terlihat dari luar. Sedangkan model yang diletakkan di belakang telinga dan bentuk kanal, bisa disesuaikan ukurannya, tergantung pada penggunaan dan kebutuhan serta gaya hidup dari pemakai.

Pemilihan alat bantu dengar tidak dilakukan secara asal, penderita yang mengalami gangguan pendengaran harus menjalani tes pendengaran terlebih dahulu. Dengan demikian, pemilihan model alat bantu dengar yang sesuai dengan tingkat pendengaran seseorang, sehingga penggunaan alat ini dapat efektif dan sesuai sehingga kesehatan telinga anda dapat semakin membaik.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat, model dan alat yang digunakan untuk membantu pendengaran ini semakin berkembang. Dengan proses perancangan yang lebih simpel dan canggih, beberapa alat bantu dengar sudah ada dalam bentuk digital untuk menambah flexibilitas penggunaannya. Selain menggunakan pemograman yang canggih, harga alat bantu dengar tergolong cukup mahal. Oleh karena itu, sesuaikan budget dan kebutuhan sebelum memilih alat bantu dengar yang sesuai dengan kondisi anda.

 

Leave a Reply