Cara Membentuk Otot Dada dengan Variasi Push Up

push up

Latihan dengan menggunakan bench press merupakan salah satu cara membentuk otot dada. Tapi sebenarnya tidak hanya alat tersebut yang bisa membuat otot dada menjadi bidang. Dengan push up pun sebenarnya untuk mencapai dada yang bidang bisa terwujud. Jika anda bosan dengan teknik push up yang itu-itu saja, maka bisa divariasikan dengan berbagai bagian seperti:

  1. Weighted Push up. Menambangkan beban ketika melakukan push up bisa membuat otot bekerja lebih keras dan repitasi semakin rendah namun tetap kerjanya maksimal. Anda bisa menambahkan beban yang diletakan di punggung sebelum mengambil posisi push up. Kemudian lakukan gerakan push up hingga dada sampai menyentuh lantai, tahan sebentar lalu angkat lagi badan ke atas.

  2. Chest Squeeze Push up. Latihan ini dilakukan dengan menggunakan dumbbell, caranya yaitu menekan dumbbell ketika melakukan push up. Genggam kedua dumbbell dengan posisi berdekatan, kemudian lakukan gerakan push up sampai dada menyentuh dumbbell, lakukan gerakan ini beberapa kali.

  3. Plyometrik Push up. Ini merupakan gerakan push up yang biasa dilakukan, tapi ada sedikit yang berbeda. Bedanya Plyometrik Push up ketika akan mendorong badan keatas, maka dilakukan dengan sekuat tenaga sampai badan terangkat melayang.

  4. Suspended Push up. Teknik push up ini lebih sulit untuk dilakukan tapi sangat efektif untuk membentuk masa otot, karena latihan seperti ini lebih memfokuskan pada otot inti dada. Caranya yaitu memakai handle TRX, posisikan tubuh anda seperti push up dan pastikan tumit hingga kepala atas selaras. Turunkan badan terutama dada ke arah lantai, kemudian angkat kembali dan lakukan gerakan ini beberapa kali.

  5. Archer Push up. Gerakan ini merupakan alternative push up selain menggunakan satu tangan. Caranya yaitu ambil posisikan seperti push up biasa, tapi tangan kanan letakkan lurus ke samping. Kemudian turunkan badan hingga dada sampai ke lantai, jaga keseimbangan dengan memberatkan badan ke ke tangan kiri. Kemudian dorong tubuh ke atas, dan lakukan gerakan tersebut beberapa kali.

Beberapa gerakan push up diatas bisa menjadi alternatif cara membentuk otot dada. Jika anda bosan dengan gerakan push up yang biasa saja, maka gerakan atau posisi tersebut bisa divariasikan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

Leave a Reply