Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Minum Obat

, , Leave a comment

Cara mengobati asam urat tidak selalu harus dengan cara pengobatan medis. Mengkonsumsi obat dari dokter beberapa kali sehari tidak selalu dapat membuat gejala dan penyakit asam urat Anda menjadi berkurang. Jika Anda telah mengalami kebosanan untuk selalu mengkonsumsi obat dari dokter, mengapa tidak mencoba beberapa cara di bawah ini sebagai cara alternatif untuk mengobati penyakit asam urat yang menyiksa tersebut.

Cara Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

1. Olahraga Teratur

Cara mengobati asam urat yang pertama adalah dengan melakukan olah raga teratur. Olahraga merupakan sumber dari kesehatan. Tidak ada orang yang rajin berolah raga akan mudah jatuh sakit. Memang tidak bisa dihindari, ada kalanya, kekuatan tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh sedikit berkurang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang jatuh sakit.

Namun dengan olah raga yang cukup, Anda secara langsung akan melatih otot dan juga kekebalan tubuh. Tubuh Anda akan selalu sehat dan dalam keadaan yang bugar sehingga penyakit tidak akan mudah menyerang. Dalam hal penyakit asam urat, penderita asam urat umumnya jarang melakukan olah raga. Orang yang rajin berolah raga akan memiliki sistem pencernaan yang lancar sehingga zat purin yang harusnya menumpuk, akan dibuang bersama dengan keringat atau air seni. Inilah yang membuat orang yang gemar berolah raga terhindar dari penyakit.

2. Jaga Berat Badan

Apakah Anda mengetahui cara mengukur berat badan yang seimbang? Jika belum, sebaiknya Anda mempelajari cara mengukurnya. Hal ini sangat diperlukan mengingat berat badan yang berlebihan adalah sumber penyakit. Lemak yang tertumpuk dibawah lapisan kulit akan mengundang banyak penyakit berdatangan.

Cara mengobati asam urat yang paling mudah adalah dengan mengontrol berat badan Anda. Jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit asam urat, maka bisa dikatakan berat badan yang dimiliki setidaknya sedikit berlebih. Cobalah untuk melakukan diet menurunkan berat badan tersebut. Penumpukan zat purin akan juga sedikit berkurang selama Anda melakukan diet. Hal ini akan berakibat menurunnya pula zat asam dalam darah, dan penyakit asam urat Anda akan berangsur menghilang.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh kita terdiri dari 70% air. Oleh sebab itu, air merupakan hal penting yang harus kita jaga asupannya. Kekurangan air putih tidak hanya menyebabkan dehidrasi. Namun juga akan berdampak pada hal lainnya seperti massa otot yang berkurang, buruknya sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh kita akan banyak melakukan penyegaran seperti contohnya dalam darah. Pencernaan yang sempurna akan dilakukan sehingga kadar purin yang tertumpuk akan berangsur menghilang. Jika aliran darah lancar, secara tidak langsung pembuangan segala kotoran dalam darahpun juga akan ikut lancar. Kandungan asam urat yang berlebih juga akan terkurangi.

4. Pantau Kadar Asam Urat

Cara mengobati asam urat yang cukup mudah adalah dengan cara selalu memantau kadar asam urat. Untuk kondisi dimana Anda sudah divonis mengalami penyakit asam urat, jika tidak ingin asam urat kembali kambuh, salah satu caranya adalah dengan mengontrol kadar asam urat. Banyak alat yang tersedia di pasaran yang bisa membantu Anda untuk menjaga kadar asam urat dalam darah.

Pada umumnya, dokter akan menyarankan Anda untuk memiliki satu alat untuk memantau kadar asam urat. Alat ini sangat berguna mengingat Anda juga tidak akan pernah menyadari atau bahkan tidak tahu karena sebab makanan atau hal apa yang bisa membuat kadar asam urat meningkat. Oleh sebab itu, untuk Anda yang sudah divonis menderita asam urat, gunakan alat ini setidaknya seminggu sekali agar terhindar dari munculnya kembali gejala asam urat.

5. Air Dingin

Jika nyeri atau gejala asam urat Anda tiba-tiba muncul, cara mengobati asam urat seperti ini adalah dengan menggunakan air dingin. Air dingin dapat meringankan gejala nyeri yang Anda derita. Oleh sebab itu, jika rasa ngilu datang di daerah persendian, segera hentikan aktivitas dan lalukan pengompresan di daerah yang sakit menggunakan air dingin.

6. Hindari Makanan Mengandung Purin

Ini adalah hal yang paling penting untuk Anda ingat. Penyakit asam urat muncul karena pola makan yang salah. Anda tidak menjaga makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Banyak makanan yang kurang sehat yang memenuhi sistem pencernaan Anda. Salah satunya adalah makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Asam urat adalah penyakit yang menyerang pada daerah persendian. Disebabkan oleh zat asam urat yang menumpuk di persendian. Mengapa zat asam urat menjadi tinggi? Karena Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi purin. Cara mengobati asam urat adalah dengan menghindarinya.

Apa saja makanan yang mengandung tinggi purin? Bagian dalam hewan atau yang biasa disebut dengan jeroan, dalam hal ini seperti hati, ginjal, jantung, limpa, paru, babat, usus dan lain sebagainya, gorengan bebek dan burung, ikan sarden dan makerel, makanan laut seperti kepiting, udang, kerang, cumi dan lain sebagainya, minuman yang mengandung soda, serta alkohol. Kesemua makanan itu mengandung tinggi purin yang akan memicu timbulnya asam urat.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat namun tanpa obat. Yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan diri, menjaga pola makan dan untuk selalu mengingat bahwa Anda memiliki riwayat sakit asam urat. Semoga beberapa cara diatas bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit dari gejala atau bahkan mengurangi penyakit asam urat itu sendiri. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply