5 Tempat Wisata Yang Keren Di Aceh

Aceh atau yang dikenal dengan julukan Serambi Mekah ini merupakan provinsi yang paling barat letaknya di Indonesia. Aceh memang terkenal dengan tradisi keislamannya yang kuat, sehingga Aceh satu-satunya provinsi di Indonesia yang melaksanakan Syariat Islam atau Perda Islam. Namun kali yang akan dibahas adalah tentang tempat-tempat wisata yang ada di Aceh.

Untuk Anda yang sudah booking tiket pesawat, dan sudah siap meluncur ke aceh. Nah, berikut 5 tempat wisata yang keren di Aceh :

1. Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom ini berada di desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nangroo Aceh Darussalam. Untuk menuju ke tempat ini, anda membutuhkan perjuangan ekstra dan tidak mudah, karena anda harus menempun perjalanan menanjak dan menurun. Di sepanjang perajalanan menuju air terjun anda akan melihat pegunungan Paro dan Kulu. Namun sesampainya disana, rasa cape dan lelah anda akan terbayar sudah dengan keindahan alamnya yang mempesona, belum lagi airnya yang sangat jernih sehingga akan membuat anda tertarik untuk berenang.

2. Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar ini lokasinya berada di dataran tinggi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Dan di sebelah barat dari danau ini adalah kota Takengon, yang merupakan ibukota dari Aceh Tengah. Danau Laut Tawar ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dan panjangnya hingga mencapai 3.219 KM, dan merupakan salah satu tempat wisata yang pavorit di Aceh. Selain itu, para wisatawan bisa melihat danau ini dari Dataran Tinggi Gayo. Di tempat ini anda bisa melihat betapa luasnya Danau Laut Tawar tersebut. Selain luas, di tempat ini juga akan disuguhkan berbagai pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

3. Pantai LHOKNGA
Pantai LHOKNGA ini memiliki pemandangan yang sangat indah, berupa air laut yang bening ditambah dengan hamparan pasir putih bersih yang begitu mempesona. Selain itu, pantai ini lokasinya sangat dekat dengan Kota Banda Aceh, yang hanya berjarak sekitar 20 KM. Dan yang uniknya dari pantai ini adalah dengan memiliki air pantainya yang berwarna hijau toska dan biru. Bukan hanya itu, pantai ini memiliki bibir pantai yang cukup landai sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk olahraga pantai maupun permainan pasir. Dan disana juga anda bisa berselancar, karena ombak di pantai ini cukup menantang, bisa mencapai hingga 1,5-2 meter. Menjelang sore hari, di tempat ini anda bisa menyaksikan sunset yang eksotis, dan bisanya banyak orang yang berkunjung ke pantai ini pada sore hari.

4. Rumah Cut Nyak Dien
Tempat ini bisa anda jadikan sebagai destinasi wisata sejarah di Aceh, apalagi jika anda berlibur bersama anak-anak, sehingga anda bisa memperkenalkan sosok seorang pahlawan wanita pemberani dari Aceh ini kepada anak-anak. Karena memang sosok Cut Nyak Dien ini sangat terkenal dengan keberaniannya dalam melawan penjajahan Belanda pada waktu itu. Selain itu, di museum ini anda bisa melihat arsip-arsip perjuangan beliau dalam melawan penjajahan Belanda. Memang Rumah Cut Nyak Dien ini merupakan replika saja, karena rumah yang aslinya telah terbakar di tahun 1896. Walapun begitu anda akan tetap bisa menemukan nilai-nliai positif saat berada di tempat ini.Rumah Cut Nyak Dien ini berlokasi di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

5. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Taman Hutan Raya Pocut Meurah ini merupakan taman hutan raya, dan nama Pocut Meurah Intan sendiri merupakan nama dari seorang bangsawan wanita keturunan Kesultanan Aceh yang sangat terkenal sebagai pejuang yang berani melawan Belanda. Tempat eisata ini sendiri masuk dalam 2 kawasan administratif, yakni kabupaten Aceh Besar dan kabupaten Pidie.

Itulah 5 tempat wisata yang keren di Aceh, semoga informasi ini ada manfaatnya khususnya bagi anda yang akan berkunjung ke Aceh.

 

Leave a Reply