Apakah Zumba Baik untuk Diabetes?

, , Leave a comment

Manfaat olahraga untuk diabetes memang besar. Bagaimana dengan Zumba? Apakah bisa turunkan gula darah?

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk mengontrol gula darah bagi orang dengan diabetes. Bonusnya, Anda akan merasa lebih hepi setelah berkeringat deras. Tapi jika Anda bosan dengan latihan yang itu-itu saja, kenapa tidak mencoba Zumba? Jangan salah, olahraga asal Amerika Latin ini bukanlah sekadar tarian biasa!

Zumba tergolong olahraga aerobik dengan intensitas sedang. Melakukannya selama 60 menit bisa membakar sekitar 386 kalori. Tak hanya menyusutkan lemak, Zumba juga dapat menguatkan otot-otot perut, meningkatkan fleksibilitas, dan memperbaiki suasana hati.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mencoba menganalisis efek Zumba pada wanita dengan obesitas. Ada 28 partisipan yang ikut serta dalam penelitian, dan separuhnya memiliki diabetes tipe 2.

Selama 16 minggu, semua partisipan diminta untuk berolahraga Zumba sebanyak 3 hari dalam seminggu. Durasinya 60 menit per sesi. Hasilnya pada akhir penelitian, rata-rata penurunan berat badan partisipan sebesar 1 kg.

Namun sayang, penelitian ini tidak melihat adanya efek Zumba yang signifikan terhadap kadar gula darah. Anda tak perlu langsung berhenti dari kelas Zumba, ya. Karena Zumba tetap menyenangkan, dan bila olahraga ini mampu menurunkan berat badan secara sehat, gula darah tentu akan menjadi lebih terkontrol.

Selain dengan berolahraga, penanganan diabetes juga terdiri atas hal-hal berikut ini:

  • Edukasi

Edukasi berupa pemberian informasi berguna agar orang dengan diabetes mengenali dan memahami perilaku hidup sehat. Informasi ini terdiri atas pemantauan gula darah mandiri, tanda dan gejala komplikasi, serta cara menanganinya.

  • Pengaturan pola makan

Pola makan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pasien. Hal yang pasti, aturan makan untuk pasien diabetes harus mengikuti prinsip 3 J, yakni jadwal makan, jenis makanan, serta jumlah makanan.

  • Obat-obatan

Pemberian obat-obatan dapat melingkupi obat minum dan suntik.

Walaupun penelitian tidak melihat adanya efek Zumba yang signifikan terhadap kadar gula darah, Anda tetap perlu berolahraga rutin, baik itu Zumba atau olahraga lainnya. Karena olahraga tidak hanya baik untuk menurunkan kadar gula darah pada diabetes, tetapi juga mencegah penyakit kardiovaskular serta mengurangi stres.

 

Leave a Reply