Inilah 5 Tips Mudah dan Alami Menjadikan Rumah Kita Anti Rayap

, , Leave a comment

Terdapat beberapa hal yang menjadi ketakutan tersendiri bagi rumah yang kita huni selama ini. Hal itu dapat terjadi salah satunya akibat tidak menentunya cuaca, juga masalah lainnya yang mungkin terjadi dan menggangu ketenangan kita di dalam rumah itu sendiri. Gangguan tersebut dapat berasal dari hadirnya serangan hewan kecil bernama rayap. Rayap merupakan jenis hewan yang hidup berkelompok pada suatu tempat, mereka terbiasa untuk menghabiskan segala sesuatu yang dapat mereka makan. Dimana rayap ini juga akan menghabiskan berbagai macam interior rumah dari bagian dalam, kemudian seringkali kita baru menyadari kehadirannya ketika interior sudah rapuh tak bersisa.

Material berbahan kayu adalah jenis yang sangat disukai rayap, baik material dan semua bentuk perabotan di dalam rumah kita sendiri. Sehingga semua perabot yang kita miliki menjadi rusak dan tidak tahan lama. Penggunaan bahan alami menjadi pilihan untuk mencegah rayap di dalam rumah. Karena selain anti rayap, bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping bagi kita sendiri.

Terdapat banyak cara untuk dapat mencegah dan membasmi rayap yang muncul di beberapa bagian rumah kita. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Menggunakan Pendingin Ruangan

Rayap cenderung menyukai tempat yang memiliki udara lembab, sehingga suhu yang lebih dingin atau panas dapat mengantisipasi rayap dan membuatnya tidak bertahan lama di dalam rumah kita. Gunakan pendingin ruangan pada temperatur paling rendah, sehingga perubahan suhu yang tiba-tiba akan membasmi rayap dengan sangat efektif.

2. Perhatikan Ventilasi Rumah

Kita harus memiliki ventilasi yang cukup, apalagi jika ruangan tersebut memiliki barang ataupun furniture yang terbuat dari kayu. Ventilasi dibutuhkan supaya sinar matahari dapat masuk dan ruangan tidak menjadi lembab, sehingga rayap pergi dan tidak akan menghabiskan semua perabotan kayu yang kita miliki.

3. Perhatikan Genangan Air

Musim penghujan menjadikan sebagian halaman rumah memiliki genangan air, sehingga membuat rayap berkembang biak dengan sangat baik. Maka dari itu pastikan untuk menghilangkan genangan yang ada di sekitar rumah, sehingga tidak ada air yang tertampung di sembarang tempat.

4. Semprotan Air Sabun

Ramuan anti rayap ini berfungsi untuk membasmi rayap secara langsung. Kandungan pada sabun yang sangat keras bagi rayap dapat menghentikan pacu pernafasan dan akan mati dengan sendirinya. Pastikan mencampurkan air dan sabun yang lebih banyak. Sehingga kandungan konsentrasinya lebih tinggi dan ampuh membasmi rayap di dalam rumah.

5. Larutan Air Garam

Bahan selanjutnya adalah air yang dicampur dengan garam. Selain harganya yang murah dan tersedia di rumah, ternyata ramuan ini ampuh membasmi rayap yang bersarang di dalam furniture rumah. Cukup campurkan garam dan air dengan perbandingan garam lebih banyak, sehingga rayap dapat dibasmi dengan hasil yang lebih baik.

Mungkin saja cara-cara tersebut tidak seefektif penggunaan anti rayap berbahan kimia yang beredar di pasaran, sehingga dapat membasmi rayap sekaligus. Akan tetapi penggunaan bahan-bahan alami tersebut cenderung lebih aman untuk kulit dan pernafasan kita. Kemudian tidak menimbulkan efek samping yang signifikan, ramah lingkungan dan ramah di kantong.

Menjaga dan memastikan keadaan rumah menjadi antisipasi sejak dini, supaya rayap tidak menyebar luas ke setiap sudut ruangan. Kemudian pilih cara yang tepat supaya rayap enggan untuk kembali ke rumah kita, sebab secara tidak langsung furniture yang dimakan oleh rayap adalah kerugian bagi pemilik rumahnya. Pastikan rumah bersih dan rapi, jangan biarkan rayap datang dan menganggu ketentraman keluarga kita di dalam rumah. Basmi rayap sekarang juga!

 

Leave a Reply