Cara Terbaru Membuka Situs yang Diblokir

, , Leave a comment

Mungkin di antara Anda sering sekali ketika menjelajahi internet mendapati sebuah web yang tidak bisa dibuka. Bukan karena internet Anda lemot atau jaringan yang lelet, tapi memang karena diblokir. Perlu diketahui, sebelum membahas tentang bagaimana cara membuka situs yang diblokir, ada baiknya kita memahami kenapa sebuah situs sampai diblokir.

Tahukah Anda bahwa saat ini Kemkominfo sedang menjalan program untuk mendorong masyarakat Indonesia menggunakan internet sehat beserta aman. Program ini biasa disebut dengan INSAN atau Internet Sehat dan Aman. Lalu mengapa sebuah website sampai diblokir oleh Kemkominfo?

Biasanya website yang diblokir memiliki alasan di antaranya adalah mengandung unsur SARA, Pornografi, serta web tempat download lagu, download atau streaming film, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda akan dialihkan kepada laman internet sehat. Namun, jangan khawatir. Anda masih bisa membuka web yang Anda kunjungi tersebut dengan cara membuka situs yang diblokir berikut ini.

Menggunakan VPN

Cara pertama ini merupakan cara yang paling umum serta mudah untuk diterapkan. VPN dengan singkatan dari Virtual Private Network memiliki kinerja untuk menghubungkan internet dengan jaringan lain melalui IP Address yang berbeda. Cara ini akan membuat Anda bebas menjelajahi dunia melalui internet.

Menggunakan Proxy server webproxy.to

Salah satu web proxy gratis ini menjadi solusi sebagai cara membuka situs yang diblokir. Cara menggunakannya pun dinilai cukup mudah yaitu hanya dengan memasukkan domain webproxy.to pada web browser Anda. Selanjutnya setelah laman web tersebut terbuka, Anda hanya diminta untuk memasukkan link URL web yang terblokir tersebut.

Menggunakan SSH

Fungsi dari SSH ialah sebagai jaringan yang dapat melindungi adanya pertukaran data. Dengan menggunakan SSH, selain untuk melindungi data agar terlindungi dari ancaman virus, ternyata SSH juga dapat digunakan sebagai alat surfing di internet.

Menggunakan Server DNS

Sudah tahu apa itu DNS? DNS adalah singkatan dari Domain Name Server yang memiliki fungsi untuk mengubah IP Address menjadi sebuah nama domain agar mudah diingat.

Menggunakan Extension di Google Chrome dan Firefox

Selain menggunakan DNS, Anda juga bisa menggunakan VPN yang harus diinstal terlebih dahulu di web browser langganan yang Anda sering gunakan. Misal Chrome dan Firefox. Kedua browser ini memang sangat sering digunakan. Sebab itu, masing-masing browser mempunyai extension untuk membuat situs yang diblokir.

Menggunakan Browser Opera

Mengapa Opera? Salah satu web browser yang pupler setelah Google Chrome dan Firefox, ada browser yang bernama Opera ini. Mengapa sampai populer? Karena salah satu keunggulannya ialah memiliki fitur yang bisa secara langsung mengaktifkan VPN.

Menggunakan Browser TOR

Sudah tahukah Anda tentang TOR? Yaitu sebuah browser yang dirancang secara khusus karena mempunyai tingkat privasi yang cukup tinggi. Dan juga TOR dapat menjalankan fungsi sebagai cara membuka situs yang diblokir. Salah satu kelebihannya adalah browser ini mempunyai jaringan sendiri.

Menggunakan Betternet

Apa itu Betternet? Betternet ialah sebuah software yang memiliki fungsi untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Keistimewaan dari software ini di antaranya adalah gratis untuk digunakan. Juga dapat melindungi hal privasi Anda dengan membantu Anda dalam menyamarkan identitas sebagai Anonim.

Menggunakan Browsec

Selain Betternet, cara membuka situs yang diblokir dengan aplikasi adalah Browsec ini. Aplikasi ini mempunyai kelebihan seperti dapat dinikmati secara gratis, mempunyai kecepatan, serta user friendly sehingga mudah untuk digunakan.

 

Leave a Reply