Hati-hati, Jangan Lakukan Ini Pada Luka Terkena Knalpot!

, , Leave a comment

Menggunakan motor untuk aktivitas setiap hari memang cukup memudahkan, apalagi bagi mereka dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Tetapi selama penggunaan motor tetap harus berhati-hati, karena kecelakaan kecil sampai dengan besar bisa saja terjadi kapan saja. Salah satu yang termasuk dalam kecelakaan ringan adalah luka akibat knalpot. Ini tentu saja akan memberikan efek buruk pada kulit sehingga muncul luka bakar. Jika sudah begitu tentunya obat luka bakar kena knalpot paling ampuh segera didapatkan untuk mendapatkan kembali kulit sehat tanpa ada luka.

Luka akibat terkena knalpot itu termasuk dalam jenis luka bakar, dalam dunia medis sendiri luka bakar terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari yang ringan, sedang sampai dengan yang besar dengan cara perawatan masing-masing. Untuk membuat luka membaik, umumnya dokter memberikan beberapa jenis seperti salep, larutan salin, pereda nyeri ataupun yang lainnya. Tetapi sering sekali masyarakat yang gegabah dalam pertolongan pertama melakukan kesalahan yang justru membuat semakin parah seperti:

  1. Mengoleskan luka dengan pasta gigi sebenarnya memang sangat umum di masyarakat, tetapi tahukah Anda jika hal ini salah satu yang dapat memperparah luka.
  2. Selain menggunakan pasta gigi, penggunaan mentega juga sering sekali digunakan untuk perawatan. Namun justru cara yang satu ini dapat menghambat sirkulasi udara yang membuat lapisan kulit semakin terbakar.
  3. Menggunakan es batu untuk mengompres luka yang terbakar akibat knalpot sering sekali dilakukan oleh masyarakat. Tetapi tahukah Anda jika pada kondisi ini, hal tersebut buruk karena justru dapat menyebabkan peradangan atau kerusakan pada kulit.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang masih sangat sering sekali terjadi di masyarakat dengan melakukan perawatan yang salah. Pada intinya, obat luka jatuh cepat kering ataupun luka bakar itu sama. Hanya saja perlu untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan petunjuk yang tepat. Jangan sampai kesalahan tersebut justru membuat Anda lebih parah lagi pada luka dan tidak bisa terkontrol. Sekian, semoga dapat memberikan tambahan informasi bagi Anda yang mengalami masalah luka tersebut.

 

Leave a Reply