Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Biang Keringat

, , Leave a comment

Biang Keringat

Biang keringat adalah masalah kulit ringan yang disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar keringat karena kotoran dan bakteri yang menumpuk diatas kulit biasanya karena cuaca panas dan lembab, paling sering menyerang bayi, balita, dan anak-anak terkadang pula menyerang orang dewasa ditandai munculnya bintik-bintik sampai ruam pada kulit.

Biang keringat banyak ditemukan di daerah lipatan kulit, leher, wajah, punggung dan dada. Biang keringat yang muncul dapat memengaruhi penampilan seseorang terutama bagi orang dewasa serta kadang dapat menimbulkan rasa panas, perih, dan gatal yang dapat mengganggu aktivitas. Untuk beberapa kasus biang keringat yang muncul bersifat kronis dan perlu penanganan medis.

Cuaca yang panas serta berkeringat sepanjang hari menjadi penyebab utamanya. Keringat yang dikeluarkan membuat kulit menjadi lembab ditambah cuaca yang panas dan pakaian yang tidak menyerap keringat membuat pertumbuhan bakteri semakin tidak terkendali yang berakibat munculnya ruam-ruam pada kulit untuk itu menjaga kebersihan wajib diperhatikan.

Cara menghilangkan biang keringat

  • Pergi ke dokter kulit untuk periksa dan berkonsultasi, walaupun penyakit ringan tetap tidak bisa diabaikan. Patuhi saran dan petunjuk dokter.
  • Menggunakan obat atau bedak yang bisa di beli di apotek seperti:
  1. Herocynl powder cara pakainya taburkan bedak secukupnya pada bagian yang gatal sehari 2x setelah mandi atau sebelum tidur.
  2. Caladine powder atau liquid oleskan pada kulit yang gatal sehari 2x, untuk mencegah biang keringat muncul lagi taburkan bedak diatas tempat tidur.
  3. Salicylic powder taburkan diatas ruam kulit, gunakan 2x sehari sehabis mandi atau saat cuaca sedang panas, cocok digunakan untuk bayi dan kulit sensitif.
  4. Salep 88 cara pakai oleskan pada kulit yang gatal gunakan 1x sehari saat malam hari, biasanya digunakan untuk masalah biang keringat yang parah.
  5. Kentoconazole salep dan tablet. Untuk salep dapat digunakan saat pagi dan malam hari, namun memiliki efek samping gatal tapi efektif untuk membunuh jamur dan kuman. Tablet diminum sesuai petunjuk dokter.
  6. Baby powder seperti cusson atau switzal , bedak ini sangat ringan dan lembut serta memiliki pori-pori yang kecil sehingga mampu menyerap keringat dengan sempurna. Gunakan bedak di area yang rentan berkeringat seperti pada lipatan tubuh, dada, dan selangkangan. Gunakan setelah mandi atau saat cuaca sedang panas.
  7. Salep 88, dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit tidak terkecuali biang keringat. Oleskan salep secukupnya pada bagian ruam saat malam hari secara teratur.

Jika cara menghilangkan biang keringat diatas dianggap kurang maksimal dapat menggunakan cara alami sebagai berikut :

  1. Mandi dengan air secang. Rempah satu ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Cara pakainya rebus kayu secang ke dalam panci sampai air berubah warna menjadi merah, tunggu hingga air menyusut setengah setelah itu dinginkan. Jika sudah campurkan dengan air dingin kemudian gunakan untuk mandi 2x sehari.
  2. Pastikan untuk rajin mandi dengan sabun antiseptik. Saat cuaca panas mandilah setidaknya 3x sehari untuk mendinginkan kulit, mandi juga bermanfaat untuk membantu bakteri dan kuman yang menempel pada kulit setelah itu keringkan badan dengan handuk bersih dan pakai pakaian yang longgar.
  3. Es batu. Kompres bagian kulit yang gatal dan ruam menggunakan es batu yang dibungkus kain. Tempelkan es batu selama 30 detik lakukan sampai rasa gatal berkurang. Es batu bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan membantu menghilangkan ruam merah pada kulit.
  4. Timun. Buah satu ini memiliki sifat dingin. Mengoleskan masker timun pada bagian yang gatal dapat membantu proses penyembuhan. Sebelum memakai bersihkan dulu bagian yang gatal, kemudian keringkan dengan handuk bersih, setelah itu oleskan timun tunggu hingga mengering, kemudian bilas dengan air dingin, keringkan menggunakan handuk bersih.
  5. Gunakan AC atau kipas angin untuk mendinginkan udara. Cuaca yang panas dapat memperparah kondisi ruam kulit untuk itu menjaga suhu ruangan agar tetap dingin merupakan suatu kewajiban. Serta Hindu segala macam aktivitas di luar ruangan saat siang hari.

Itu tadi beberapa informasi mengenai cara menghilangkan biang keringat yang dapat anda coba di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri agar terhindar dari masalah kulit. Jika ruam yang terjadi tidak kunjung sembuh dalam waktu 3 hari segera kunjungi dokter kepercayaan anda, sekian dari saya semoga dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply