Inilah Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri

Kesehatan tubuh adalah hal yang penting untuk selalu anda perhatikan. Selain kesehatan fisik yang bisa anda jaga dengan cara rajin berolah raga, kesehatan anggota tubuh anda yang lain juga harus anda jaga. Salah satu anggota tubuh yang seringkali masih dipandang sebelah mata kesehatannya adalah kesehatan gigi. Padahal, anggota tubuh ini adalah anggota tubuh yang hampir selalu anda gunakan sehari-hari. berbagai macam makanan yang anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh dicerna terlebih dahulu dalam rongga mulut dengan menggunakan gigi. Kesehatan gigi menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan anda yang lain.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan gigi mengalami gangguan. Beberapa di antaranya adalah gigi berlubang, plak gigi dan lain sebagainya. Plak gigi menjadi hal yang sangat mengganggu. Gigi akan terasa lebih tebal karena adanya karang gigi yang menutupi. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, akan lebih baik bila anda mengetahui terlebih dahulu penyebab bagaimana plak gigi terbentuk.

1. Bau mulut

Bau tidak sedap yang berasal dari mulut anda akan berdampak pada pembentukan karang gigi. Bau mulut terjadi karena adanya sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar. Sisa makanan tersebut akan menyebabkan terbentuknya plak gigi.

2. Gigi berlubang

Kondisi gigi yang berlubang juga akan menyebabkan terbentuknya plak gigi. Plak gigi akan mengisi ruang kosong yang ada di gigi tersebut. Tentu saja bila karang gigi sudah memenuhi gigi yang lubang akan membuat anda merasa tidak nyaman.

3. Radang gusi

Gusi yang radang juga bisa menjadi penyebab munculnya plak gigi. Ada banyak sekali penyebab mengapa radang gusi terjadi. Bila hal tersebut terus dibiarkan tentu saja hal ini akan mengganggu kenyamanan anda.

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya plak gigi, sekarang akan dibahas apa saja cara menghilangkan plak gigi, yaitu:

1. Rajin menggosok gigi

seperti yang telah dikatakan sebelumnya, gigi yang bersih adalah cara untuk mencegah terbentuknya karang gigi. Usahakan untuk selalu rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Selain rajin menggosok gigi, hal lain yang harus anda perhatikan adalah bagaimana cara anda menggosok gigi anda. Sudah ada cara menggosok gigi yang dihadirkan oleh para ahli agar bisa diikuti oleh semua orang agar kesehatan gigi semakin baik.

2. Menggunakan pasta gigi dengan bahan dasar fluoride

Kandungan fluoride dalam pasta gigi bisa membuat pertumbuhan plak gigi menjadi terhambat. Apalagi fluoride juga bisa digunakan sebagai penghilang noda kuning penyebab plak gigi. Plak kuning yang tertempel pada gigi bisa disebabkan karena anda mengonsumsi teh, kopi atau minuman atau makanan yang lain,

3. Flossing

Flossing adalah cara untuk membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi. Benang gigi untuk membersihkan gigi bisa menjangkau sela gigi yang sulit untuk dijangkau dengan sikat gigi. Hal ini akan sangat bermanfaat agar kesehatan gigi dan mulut anda menjadi lebih baik.

4. Memakai obat kumur

Obat kumur bisa anda gunakan untuk menghambat pertumbuhan plak gigi. Kandungan bahan dasar yang ada pada obat kumur bisa membantu fluoride yang ada pada pasta gigi untuk bisa bekerja lebih baik untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Menjaga gigi agar tidak terkena plak gigi harus anda jaga dengan rutin. Kebiasaan baik tersebut harus bisa rutin untuk selalu anda lakuakan.

 

Leave a Reply