Resep Pancake Lembut Segar dan Enak

Pancake paling cocok dimakan untuk sarapan bersama secangkir kopi hitam atau teh, pancake dipercaya sudah ada sejak zaman Romawi kuno dan mulai menyebar ke daratan Eropa pada tahun 1.400an pancake adalah sejenis roti dadar yang biasa disajikan bersama sirup maple di atasnya. Anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya.

Berikut ada beberapa resep pancake yang bisa anda praktekan di rumah.

Resep pertama

Pancake original

Bahan

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 1 butir telur ayam
  3. 90 mg blue band cair
  4. 300 ml susu cair
  5. 2 sendok makan gula
  6. 2 sendok teh baking powder
  7. 1/2 sendok teh garam
  8. Sirup maple atau karamel

Cara membuat

  1. Pertama masukkan tepung terigu, garam, dan baking powder ke dalam mangkok aduk hingga rata.
  2. Kedua campurkan susu cair, telur, dan blue band dalam satu wadah kemudian kocok menggunakan whisk sampai sedikit mengembang.
  3. Ketiga masukkan adonan cair ke dalam mangkok adonan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Keempat aduk adonan sampai rata, pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair.
  5. Kelima panaskan teflon menggunakan api kecil, olesi permukaan teflon menggunakan sedikit margarin, kemudian masukkan adonan sebanyak 2 sendok sayur, biarkan melebar sendiri tunggu hingga permukaan pancake bolong-bolong dan agak mengering kemudian balik.
  6. Keenam tunggu beberapa saat sampai pancake matang, kemudian angkat, ulangi terus sampai adonan habis.
  7. Ketujuh susun pancake diatas piring biasanya 1 piring berisi 4 buah pancake, kemudian siramkan sirup di atasnya, jika tidak ada sirup bisa menggunakan karamel.

Resep kedua

Pancake buah segar

Bahan

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 325 ml susu cair
  3. 90 mg blue band cair
  4. 2 sendok makan gula
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 1 sendok makan baking powder

Bahan tambahan

  1. Gula halus
  2. 6 buah strawberry segar
  3. 1 buah kiwi segar
  4. 1 buah mangga matang
  5. Es krim vanilla

Cara membuat

  1. Pertama potong-potong buah strawberry menjadi 8 bagian, kemudian masukkan ke dalam jar tambahkan 2 sendok gula halus aduk sampai rata tutup jar kemudian simpan selama 2 jam.
  2. Kedua potong-potong buah kiwi kemudian masukkan ke dalam jar tambahkan 1 sendok makan gula halus, tutup, simpan selama 2 jam. Potong-potong buah mangga menjadi kotak-kotak, masukkan ke dalam jar, tutup, simpan selama 2 jam.
  3. Ketiga masukkan tepung terigu, gula, garam, dan baking powder ke dalam mangkok aduk sampai rata sisihkan. Campurkan susu cair, telur, dan blue band dalam satu wadah kocok sampai sedikit mengembang.
  4. Keempat masukkan adonan cair ke adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Jika sudah masuk semua aduk adonan sampai rata.
  5. Kelima panaskan teflon yang sudah diolesi margarin, masukkan 2 sendok sayur adonan, tunggu hingga permukaan sedikit mengering dan bolong-bolong, kemudian balik, tunggu beberapa saat kemudian angkat. Ulangi terus sampai adonan habis.
  6. Keenam susun 4 buah Pancake diatas piring ceper, kemudian tambahkan buah-buahan yang kita simpan tadi di atasnya setelah itu tambahkan satu sekop ice crem vanilla, terakhir taburi sedikit gula halus. Pancake siap disantap.

Pancake tidak hanya bisa dibuat menggunakan bahan yang disebut diatas, bisa juga tepung terigu diganti menggunakan tepung kentang atau ditambahkan bubuk kopi ke dalam adonan. Bisa juga mengkreasikan pancake yang di dalamnya diisi balok coklat yang saat di belah mengalir coklat dari dalam.

Nah itu tadi beberapa resep membuat pancake, cukup mudah kan kawan untuk resep selanjutnya dapat dilihat disini https://www.blueband.co.id/resep/sarapan/pancake/. Tunggu apalagi segera praktekkan di rumah.

 

Leave a Reply