Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Jaket Bomber!

Anda mungkin tak asing lagi dengan yang namanya jaket bomber. Jaket yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat terutama anak-anak muda. Jaket ini sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari, bahkan bisa juga dipakai untuk berkendara. Bomber jacket bukanlah hal yang baru dalam kehidupan kita, bahkan banyak yang mungkin sudah punya jenis jaket ini.

Ketika berkendara, perlu diketahui bahwa sebaiknya kita memakai atribut atau perlengkapan yang komplit. Tak hanya helm, Anda juga akan membutuhkan sarung tangan dan yang tak kalah penting adalah jaket. Bomber jacket ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan jaket untuk dipakai berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, apa itu sebenarnya bomber jacket? Jangan hanya asal memakai produknya, Anda juga harus tahu bagaimana asal-usul tipe jaket tersebut. Kali ini kita akan coba berbagi informasi mengenai semua hal yang berhubungan tentang bomber jacket.

Asal-Usul Bomber Jacket

Pada awalnya, jaket ini bukanlah jaket yang bisa digunakan sehari-hari sebagai salah satu gaya berpakaian masyarakat seperti saat ini. Jika sekarang kita melihat jaket ini bisa dipakai oleh siapa saja, tidak dengan zaman dulu.

Dulu, jaket ini merupakan jaket yang digunakan untuk keperluan Angkatan Udara Amerika Serikat, tepatnya ketika terjadi perang dunia I. Jaket ini dipakai oleh para pilot yang akan terbang untuk keperluan perang pada saat itu.

Pada saat itu, jaket yang dibuat memiliki desain wrap-around neck dan memiliki bagian lengan yang ketat. Kemudian jaket juga dilengkapi zip pocket atau saku dengan resleting. Desain jaket ini dibuat bukan tanpa alasan. Jaket ini dibuat dengan tujuan menjaga suhu tubuh pilot agar tetap merasa hangat walau sedang terbang di ketinggian.

Desain jaket ini pun terus berkembang. Pada perang dunia II, desain jaket ini ditingkatkan lagi supaya lebih nyaman untuk dipakai. Pada saat itu, bahan yang digunakan dikembangkan lebih baik lagi. Bahan yang dipakai kala itu adalah kulit domba yang kemudian diberi tambahan padges dan badges khusus Angkatan Udara.

Berubah Menjadi Fashion Item

Setelah digunakan untuk kepentingan perang, jaket bomber lalu berupah menjadi fashion item yang sangat populer di kalangan masyarakat. Tom Cruise mengawali munculnya bomber jacket sebagai fashion item setelah ia memakai jaket ini pada saat shooting film Top Gun pada tahun 1986. Selanjutnya, semakin banyak orang yang memakai jaket model ini.

Sampai sekarang, bisa kita lihat bahwa bomber jacket begitu populer di kalangan masyarakat. Jaket ini sangat fleksibel karena bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Jaket ini juga tidak hanya nyaman dipakai berkendara namun juga cocok dipakai untuk berkegiatan sehari-hari. Banyak yang memadukan bomber jacket dengan fashion item lainnya untuk bergaya stylish saat ini.

Model dan desain dari bomber jacket saat ini sudah semakin modern. Seiring dengan perkembangan jaman, desain bomber jacket semakin menarik. Bahan yang digunakan juga sangat bervariasi mulai dari wol, kulit, nylon, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih bomber jacket dari bahan yang menurut Anda paling nyaman untuk dipakai.

Bomber jacket saat ini juga banyak dipakai untuk melindungi diri ketika berkendara. Seperti kita tahu bahwa saat mengendarai sepeda motor, tubuh membutuhkan perlindungan agar terhindar dari serangan angin dan udara dingin maupun sengatan sinar matahari. Karena itulah jaket bomber bisa menjadi pelindung yang tepat sekaligus membuat Anda lebih bergaya.

 

Leave a Reply