Tempat Wisata di Kota Banjar yang Wajib Dikunjungi Traveller

, , Leave a comment

Tempat wisata di Kota Banjar, Jawa Barat, memang kurang terekspos keberadaannya. Tapi jangan salah, kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini, memiliki banyak objek wisata yang menarik. Kota Banjar ditetapkan sebagai daerah otonom dan berpisah dari Kabupaten Ciamis pada tanggal 21 Februari 2002.

Kota yang dikenal dengan nama Banjar Patroman untuk membedakannya dengan Banjarnegara di Jawa tengah ini memiliki luas wilayah sekitar 113,49 Km persegi. Kondisi geografisnya pun sangat bervariasi. Bagian utara, selatan dan barat kota ini didominasi oleh perbukitan. Sedangkan bagian tengahnya dilintasi Sungai Citanduy dan kawasan pertanian yang terdapat di pinggiran kota.

Kota Banjar hanya memiliki 4 kecamatan saja, tetapi kota ini banyak menyuguhkan destinasi wisata eksotis yang beragam. Seperti halnya wilayah lain di Indonesia, Kota Banjar memiliki potensi wisata yang tidak bisa dilewatkan untuk dikunjungi segera. Bagi kamu yang berencana mengisi liburan dengan travelling, mungkin Banjar bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Alam kota Banjar yang eksotis menawarkan perjalanan wisata yang menyenangkan.

Berikut tempat wisata di Kota Banjar yang bisa jadi pilihan untuk mengisi liburan kamu:

Kolam Alami Mandalare

Bagi kamu yang senang menikmati foto-foto di akun Instagram para traveller, setidaknya pernah melihat kolam yang berada di kawasan pedesaan dengan latar belakang sebuah tebing batu. Kolam dengan air jenih dengan dinding batu cadas yang eksotis ini ada di Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Karena cukup hits di Instagram, banyak yang penasaran dengan kolam ini. Kamu penasaran juga? Bisa lho datang langsung ke Kota Banjar.

Lembah Pajamben dan Puncak Pagerbatu

Lembah Pajamben terletak di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Dari Alun-alun Kota Banjar, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 4,5 kilometer untuk sampai ke spot wisata cantik yang hits di Kota Banjar ini. Dengan view pemandangan alam dari atas bukit, kamu bisa berfoto sepuasnya untuk menambah koleksi foto liburan yang bisa kamu bagikan di instagram maupun media social lainnya.

Jika tadi lembah yang eksotis, di Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, bisa kamu temui sebuah puncak yang menghadirkan keindahan alam Kota Banjar. Dikenal dengan nama Puncak Pagerbatu, banyak pengunjung yang mengupload foto-foto keindahan spot wisata ini ke media social. Puncak Pagerbatu pun semakin terkenal karena instagramble di internet.

Curug Cibonte dan Curug Panganten

Curug atau dalam bahasa Indonesia air terjun menjadi tempat wisata menarik di Kota Banjar. Seperti dua air terjun nan eksotis ini: Curug Cibonte dan Curug Panganten.

Curug Cibonte menghadirkan suasana alam asri dengan gemericik air terjun setinggi 30 meter. Sajian alam yang eksotis akan membuat kamu merasa adem dan pikiranmu pun akan semakin rileks jika berada di tempat ini. Terletak di Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Curug Cibonte akan menghadirkan pengalaman liburan yang tak terlupakan, terutama karena akses jalan menuju tempat ini sangat tidak mudah dan memberi tantangan sendiri buat kamu para traveler sejati.

Sama halnya seperti Curug Cibonten, Curug Panganten menghadirkan eksotisme air terjun yang mempesona. Alam yang masih asri akan menyambutmu dan membuat kamu merasa tenang. Curug Panganten di Kota Banjar ini masih tergolong tersembunyi hingga akan menghadirkan suasana yang menenangkan.

Pikniklah ke Curug Panganten, maka dijamin kamu akan semakin santai dan segar setelah lelah dengan berbagai kesibukan ala perkotaan. Lokasinya ada di Dusun Sukamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Situ Leutik dan Situ Mustika

Berwisata di Situ Leutik bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan di Kota Banjar. Situ yang berada di Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar ini bisa memanjakan para pemancing. Di Situ leutik kamu bisa menyalurkan hobi memancing atau bisa juga sekedar rileks menikmati keindahan alamnya.

Tetapi, jangan sekali-kali bicara sompral atau kotor di Situ Leutik. Karena masih bernuansa mistik, maka jaga ucapan kamu di tempat ini, dan jangan lupa tetaplah bersikap sopan

Berbeda dengan Situ Leutik yang cenderung jauh dari hingar bingar pengunjung, maka Situ Mustika bisa dibilang sebagai objek wisata yang sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga memancing banyak pengunjung untuk berwisata di tempat ini.

Sementara pada awal tahun 2019, Situ Mustika mulai dikembangkan menjadi objek wisata alam di Priangan Timur Jawa Barat. Objek wisata yang terletak di bukit Babakan, Lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpaninggal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar ini, kini berubah nama menjadi Objek Wisata Taman Anggrek Mustika.

Sesuai dengan namanya, Taman Anggrek Mustika di Kota Banjar ini menghadirkan berbagai jenis bunga Anggrek. Taman ini bahkan disebut-sebut sebagai Taman Anggrek terbesar di Jawa Barat.

Walaupun sudah dibangun dan diberi sentuhan-sentuhan pembangunan, udara di Taman Anggrek Mustika masih sangat sejuk karena berada di kawasan perbukitan Perum Perhutani. Dijamin, traveler seperti kamu pasti akan merasa betah. Selain itu, Taman Anggrek Mustika memiliki pemandangan hutan pinus yang berpadu dengan danau alamiah. Danaunya sendiri rencananya akan ditata ulang agar semakin cantik.

Taman Anggrek Mustika diresmikan pada 25 Desember 2018 lalu. Wisata alam ini langsung diserbu para pengunjung dari berbagai daerah. Tiket masuk ke salah satu tempat wisata di Kota Banjar ini masih tergolong murah, yaitu hanya Rp. 5000,- per orang pada Senin sampai Jum’at, sementara pada Sabtu dan Minggu atau hari-hari libur lainnya, pengunjung cukup membayar Rp. 7.500,- saja.

Nah, itu tempat wisata di Kota Banjar yang bisa kamu kunjungi, sebenarnya masih banyak tempat wisata lainnya di Kota Banjar, seperti misalnya berbagai taman yang sengaja dibangun untuk mempercantik kota ini. Dijamin kamu pasti kembali lagi ke kota ini kalau sudah mencoba sekali berwisata ke kota dengan alam yang cantik dan eksotis seperti Kota Banjar.

 

Leave a Reply