Tips Sederhana untuk Membangun Pengiklanan yang Efektif

, , Leave a comment

Adalah sebuah hal yang penting bagi seorang pemilik bisnis untuk mengetahui cara membuat sebuah pengiklanan yang baik. Jika adalah orang yang awam dalam dunia bisnis maupun dalam dunia pengiklanan, berikut ini adalah beberapa tips membuat iklan yang bisa anda ikuti.

Iklan yang baik

Setiap bisnis memerlukan promosi. Di luar sana ada banyak sekali jenis pengiklanan dan juga promosi yang menghabiskan banyak dana tapi tidak memiliki unsur efektif sama sekali. Hal ini disebabkan karena tidak  banyak orang yang mengetahui cara untuk membuat iklan yang baik dan berkualitas. Sesungguhnya apa saja yang menjadi kriteria dari sebuah iklan yang baik dan berkualitas? Iklan yang baik dan berkualitas adalah iklan yang memiliki kemampuan untuk menarik konsumen untuk melihatnya serta mengkonversi pendengar menjadi konsumen yang baru.

Seperti yang kita tahu, konsumen baru dalam sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting. Tanpa adanya konsumen baru, maka bisnis anda akan gagal. Berita baiknya adalah membuat iklan yang berkualitas dan yang baik bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu anda untuk membangun sebuah pengiklanan yang efektif. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Tanyakan pada diri anda, apa yang membuat anda lebih baik dari kompetitor anda

Hal pertama mengenai tips membuat iklan yang efektif yang kan kami bahas adalah mengenai value yang anda miliki sendiri. Saat ini ada banyak akun media sosial yang hilir mudik melakukan pengiklanan mengenai produk yang ia miliki, dari berbagai jenis bisnis dan juga produk termasuk kompetitor anda. Lalu apa yang membuat pengiklanan produk yang anda miliki menjadi lebih bernilai dibandingkan dengan nilai produk yang anda miliki?

Hal ini merupakan hal yang penting untuk anda perhatikan dan juga anda cari. Setelah anda menemukannya, anda bisa menggunakan kelebihan ini sebagai fokus dari iklan yang anda miliki. Perlihatkan pada konsumen potensial anda bahwa produk yang anda miliki merupakan pilihan utama bagi konsumen anda sehingga mereka tidak melirik kompetitor anda.

Pastikan anda menarik perhatian konsumen anda

Tips membuat iklan yang efektif selanjutnya adalah memastikan bahwa konsumen anda memperhatikan iklan yang anda miliki. Banyak orang menentukan apa yang akan mereka lihat dan mereka baca dengan cara yang cepat, scanning  lebih tepatnya. Apalagi ketika ada banyak iklan yang berjajar di news feed sosial media mereka. Mereka, konsumen anda, tidak mungkin membacanya satu persatu. Oleh karena itu, lebih sering mereka melakukan scanning sehingga ada perlu mendapatkan perhatian mereka dengan teknik yang anda miliki.

Salah satu teknik yang sangat cocok digunakan untuk membantu menggaet perhatian dari konsumen anda adalah menggunakan headline yang efektif. Headline yang baik adalah headline yang memang sedikit berlebihan, tapi tidak sepenuhnya memiliki kebohongan dalam kontennya. Contohnya, sebuah perusahaan yang menawarkan jasa untuk melakukan rekrutasi membuat sebuah pengiklanan yang berjudul, “akankah Obama menjadi pegawai anda?” Secara logika, oh tentu tidak mungkin Obama yang bekas presiden AS ini membutuhkan pekerjaan. Tapi headline tersebut ingin mengatakan bahwa jasa rekruitasi pengiklan memiliki kemampuan rekruitasi yang terbaik sehingga bisa menghasilkan pekerja-pekerja yang tangguh dan bernilai seperti sang mantan presiden.

Buat tawaran yang tidak bisa ditolak

Tips membuat iklan selanjutnya adalah dengan mengetahui apa yang disukai oleh konsumen dan membuat penawaran dalam pengiklanan yang tidak bisa ditolak oleh konsumen anda. Konsumen menyukai tawaran, jadi tawarkan pada mereka produk terbaik yang anda miliki sehingga mereka akan datang lagi dan datang lagi. Apakah anda menawarkan produk dengan harga yang tidak bisa ditolak, produk sample secara gratis, bahkan penawaran mengenai pengiriman secara gratis juga dapat menjadi salah satu hal yang sangat sulit untuk ditolak oleh para calon konsumen anda.

Ketika anda membuat sebuah penawaran, pastikan anda melakukan pengiklanan dengan bangga, jika anda menawarkan produk terbaik dengan konsisten dan percaya diri, kami pastikan bahwa akan sulit bagi konsumen untuk berkata tidak dengan penawaran yang anda lakukan.

Bicarakan mengenai manfaat

Selanjutnya, tips membuat iklan yang efektif yang bisa kami berikan adalah mengenai kemampuan anda untuk membawa manfaat dari produk ke dalam iklan anda. Jelaskan mengenai fitur yang dimiliki oleh produk atau jasa yang anda miliki. Akan tetapi melakukan penjelasan mengenai keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen bukan merupakan hal yang utama dalam pengiklanan anda. Namun konsumen anda akan lebih tertarik dengan apa yang akan mereka dapatkan dari produk atau jasa anda dan pada yang anda kerjakan. Untuk menggunakan point tips membuat iklan ini berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan.

  • Buat list mengenai produk atau jasa yang anda miliki
  • Untuk setiap point dari list yang anda buat berikan penjelasan mengenai apa saja yang fitur yang dimilikinya
  • Selanjutnya buat juga list mengenai keuntungan yang didapatkan oleh konsumen dari produk yang anda miliki.

Dengan cara ini akan lebih mudah menyampaikan pada konsumen anda mengenai kelebihan dari produk  yang membuat konsumen anda lebih beruntung ketika mendapatkannya.

Buat penawaran yang beresiko

Resiko memang harus diambil. Makin besar resikonya, maka makin banyak keuntungan yang mungkin akan anda dapatkan. Banyak orang merasa ragu untuk menghabiskan uangnya. Pasalnya ada banyak sekali scammer dan juga produk tidak berkualitas yang beredar di luaran sana. Hal ini menyebabkan banyak konsumen mengalami rasa takut untuk melakukan kegiatan jual beli secara online terutama untuk brand yang baru pertama kali mereka kenal.

Tips membuat iklan ini adalah untuk membuat rasa takut dan trauma dari konsumen anda mengenai barang-barang dengan kualitas buruk ini menghilang. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan garansi pada konsumen anda. Garansi merupakan salah satu hal  yang akan membantu konsumen anda merasa lebih diuntungkan. Pasalnya mereka tidak perlu takut  dengan produk yang akan mereka beli. Jika produk tidak sesuai dengan spesifikasi yang diberikan, maka mereka bisa menuntut pengembalian dana mereka dari anda.

Gunakan testimoni

Tips membuat iklan yang efektif selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan testimoni yang sudah anda miliki. Ada banyak brand yang sudah sukses dengan penggunaan testimoni ini. Testimoni menyatakan seberapa puas konsumen dengan produk dan juga jasa yang anda tawarkan pada mereka. Selain menawarkan produk yang berkualitas, membangun kepercayaan dari konsumen anda juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya kepercayaan tersebut, maka akan lebih mudah bagi konsumen anda untuk  mempercayai anda bahkan jika anda memiliki produk baru untuk ditawarkan pada mereka. Ini adalah tips membuat iklan terakhir yang efektif yang bisa kami berikan.

Dapatkan promo hosting unlimited (Paket Super Besar keatas) diskon 40% untuk paket unlimited di JagoWeb.com. Gunakan kode: TYO40

 

Leave a Reply