5 Tips Belanja Hemat Perlengkapan Bayi yang Harus Ibu Ketahui

Perlengkapan Bayi

Sebagai buah hati kesayangan, tentu saja seorang ibu selalu ingin memberikan perlengkapan bayi yang terbaik untuk anaknya. Namun, bukan berarti Anda sebagai seorang ibu bisa membelikan segala macam hal dan membiarkan pengeluaran rumah tangga menjadi membengkak hanya karena untuk si kecil.

Dengan melakukan penghematan sedikit demi sedikit, Anda bisa menggunakan kelebihan uang untuk keperluan lain, seperti menabung untuk liburan atau menyiapkan dana pendidikan untuk si kecil nantinya. Mengatur pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan anak bukanlah perkara mudah, untuk di bawah ini ada beberapa tips belanja hemat perlengkapan bayi yang bisa Anda simak.

1. Manfaatkan diskon sesering mungkin

Rasanya hampir semua orang menyukai diskon dan promo potongan harga. Untuk membeli segala keperluan bayi, Anda bisa memanfaatkan promo diskon untuk berhemat. Kini persaingan supermarket ataupun minimarket semakin ketat, sehingga di hari-hari tertentu mereka berperang menawarkan harga murah, bahkan tak jarang juga memberikan promo potongan harga yang menarik. Karena keperluan bayi bisa disiapkan jauh-jauh hari, maka tentu saja masih banyak waktu untuk membelinya saat diskon.

2. Pilih barang dengan kualitas terbaik

Jangan menganggap sepele kualitas kebutuhan bayi, karena jika kualitasnya jelek, maka barang tersebut akan lebih cepat rusak. Tentu saja hal ini akan membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk membeli yang baru. Terlebih lagi jika perlengkapan tersebut seperti stroller, baby bouncer atau ranjang bayi. Selain itu, hal tersebut sangat berpengaruh pada kenyamanan si kecil sehari-hari. Lebih baik Anda membeli barang berharga premium dengan kualitas terbaik, sehingga memperkecil pengeluaran untuk membeli barang yang sama secara berulang karena cepat rusak.

3. Beli kebutuhan dalam jumlah banyak

Hal yang harus Anda ketahui, membeli perlengkapan bayi dalam jumlah yang banyak memungkinkan Anda bisa mendapat potongan harga yang jauh lebih murah dibandingkan jika membelinya secara satuan. Namun, trik ini sebaiknya Anda terapkan hanya untuk keperluan bayi yang selalu dibutuhkan, seperti popok, tissue dan sabun, misalnya untuk stock 3 bulan ke depan. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi panik saat popok atau susu di rumah habis secara tiba-tiba karena Anda masih memiliki stok yang tersedia.

Selain itu, trik ini juga bisa menghemat ongkos perjalanan bolak-balik ke pusat perbelanjaan. Hanya saja, Anda bisa mengikuti tips ini, jika Anda sudah tahu pasti bahwa si kecil tidak alergi dan cocok dengan produk-produk tersebut. Karena jika tidak, pastinya Anda akan berbalik rugi karena bayi Anda tidak bisa menggunakan kebutuhan yang sudah dibeli dalam jumlah banyak tersebut.

4. Mencatat pengeluaran

Jika pengeluaran tidak dicatat, bisa-bisa Anda akan mengalami lose track dan tidak tahu ke mana uang dibelanjakan. Oleh sebab itu, dengan mencatat semua pengeluaran, terlebih lagi ketika habis berbelanja akan memudahkan Anda untuk menganggarkan keperluan si kecil di bulan berikutnya dan Anda juga bisa memonitor pengeluaran untuk kebutuhan apa yang bisa dihemat.

5. Belanja perlengkapan bayi di toko online

Mungkin belum banyak yang tahu, jika Anda berbelanja perlengkapan bayi di supermarket. maka kemungkinan untuk membeli hal yang sebenarnya tidak perlu bisa melonjak. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena mungkin Anda akan ‘lapar mata’ tergiur untuk membeli barang lucu. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa lebih berhemat lebih banyak lagi ketika memilih berbelanja online. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki daftar barang yang ingin dibeli. Dengan belanja online, Anda bisa membandingkan harga dari berbagai produk yang ditawarkan.

 

Leave a Reply