Granola, Makanan dengan Berbagai Manfaat Kesehatan

Granola

Granola merupakan makanan yang sekarang sedang menjadi tren. Biasanya, makanan ini digunakan sebagai menu sarapan dan camilan. Terdiri dari biji gandum, madu, biji-bijian, dan beras, makanan ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Setelah bahan-bahan tersebut dicampur, campuran ini akan dipanggang hingga garing.

Kebanyakan orang mengkonsumsi makanan ini dalam kemasan. Namun ada pula yang mengkonsumsi dengan tambahan pisang, madu, yogurt, kismis, kurma dan buah-buahan lain. Bahkan, ia juga sering dicampur dengan sereal agar nutrisinya semakin baik. Perlu diketahui, jika semangkuk makanan ini mengandung 18 gram protein, 28 gram lemak, 24,5 gram gula, 65 gram karbohidrat dan 11 gram serat. Tetapi, kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda bergantung dari penyajian dan produknya.

Apakah Granola Baik Bagi kesehatan?
Ketika Anda sedang menjalankan pola diet, makanan ini bisa dijadikan sebagai pilihan, karena memiliki kandungan serat yang tinggi, Anda tidak akan mudah terasa lapar. Namun, dalam memilih produk yang akan Anda konsumsi, sebaiknya pilih produk yang tak banyak mengandung lemak dan gula. Pilih produk yang mengandung serat tinggi, paling tidak 20% dari nilai harian yang harus dikonsumsi. Kandungan gula dalam makanan ini bisa dari madu, buah kering atau sirup.

Jangan lupa memperhatikan kandungan kalori dan lemak yang berada dalam produk ini. Bandingkan kandungan kalori serta jumlah persajian. Bila Anda ingin mengkonsumsinya secara teratur, jangan pilih produk yang membuatnya menjadi sajian yang tinggi lemak dan gula.

Manfaat Bagi Kesehatan
Makanan yang memiliki kandungan gandum utuh, biasanya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih banyak di setiap sajiannya, jika dibandingkan dengan sereal biasa. Oleh sebab itu, manfaatnya pun juga sangat baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya, antara lain:

1.Menjaga kesehatan tulang.
Ada berbagai kandungan yang terdapat di makanan ini seperti tembaga, magnesium, selenium, besi dan fosfor. Magnesium mempunyai banyak fungsi yang sangat baik bagi tubuh. sedangkan fosfor akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Besi, tembaga dan selenium juga dapat memelihara perkembangan dan kekuatan tulang.

2.Melindungi sistem saraf.
Vitamin B1 dan folat memiliki fungsi sebagai pelindung sistem saraf. Nutrisi ini juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

3.Penangkal kanker.
Kandungan vitamin E, B1, dan asam folat yang di dapatkan dari minyak, biji-bijian dan kacang berguna sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Tips Penyajian
Untuk memperoleh manfaat yang besar dari makanan ini, Anda bisa menyajikan sendiri di rumah, dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi, tanpa mengetahui kandungan yang sebenarnya. Anda dapat menyesuaikan komposisi tambahan sesuai dengan kebutuhan.

Makanan ini dapat disajikan dengan berbagai macam cara seperti dengan dicampur ke dalam susu atau dimasukkan dalam kue. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan tambahan buah-buahan, kacang-kacangan, buah kering atau madu sebagai pemanis. Campurkan seluruh bahan dan panggang hingga berwarna cokelat keemasan. Simpan makanan di wadah yang kedap udara.

Namun, sebelum mengkonsumsi granola, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Memeriksa kandungan gula
  • Memperhatikan kalori yang terkandung di dalamnya, apalagi jika Anda berniat menjadikan makanan ini sebagai menu diet
  • Hindari mengkonsumsinya dengan berlebihan
  • Pilih topping yang sehat seperti buah segar, selain itu hindari mengkonsumsinya dengan susu yang tinggi lemak
 

Leave a Reply