Tips Memilih Jasa Freelance Desain Grafis Profesional yang Terpercaya

jasa freelance desain grafis

Peran desain grafis dalam dunia pemasaran memang jangan diragukan lagi, sudah banyak tangan-tangan orang terampil yang melahirkan karya-karya desain yang luar biasa. Melalui desain yang bagus juga mampu mempengaruhi tingkat penjualan suatu produk. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang-orang yang tertarik dan terpikat untuk membeli produk tersebut. Berikut ini beberapa tips dalam memilih jasa freelancer untuk desain grafis, antara lain.

1) Kenali profil desain studio/desainer grafis
Anda perlu mengenali profil desain studio atau desain grafis sebelum memilih jasa freelance desain grafis mana yang cocok untuk bekerja sama dengan produk Anda. Profil freelancer tersebut dapat Anda temukan di situs ataupun deskripsi singkat pada website maupun akun media sosial milik mereka. Selain itu, perhatikan pula apakah mereka mampu bekerja sama dengan tim atau hanya individu. Tentu, hal ini kerap menjadi pertimbangan para penjual untuk memilih seorang desainer grafis.

2) Beri nilai pada portfolio yang pernah dikerjakan
Selanjutnya, Anda perlu menilai terlebih dahulu hasil karya/portfolio si desainer. Kualitas karya juga menjadi tolak ukur dalam menilai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh si freelancer. Selain itu, keputusan pembelian juga seringkali muncul berkat penilaian pertama mengenai hasil karya desain tersebut. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu atau mencari informasi lebih lanjut mengenai skill desain grafis yang dimiliki freelancer tersebut.

3) Ketahui klien yang pernah bekerjasama
Anda juga perlu mencari tahu klien mana saja yang pernah bekerja sama dengan si freelancer. Melalui hasil karya atau portfolio yang pernah mereka kerjakan, Anda bisa mengetahui dengan mudah siapa saja yang pernah bekerja sama dengan studo desain tersebut. Jika mereka pernah bekerja sama dengan perusahaan besar atau brand ternama, sudah dipastikan kemampuan freelancer tersebut amat baik.

4) Ketahui reputasi studio desain/desainer grafis
Sebagai customer yang bijak, Anda juga perlu mengetahui repuitasi creative agency atau desainer grafis yang akan Anda pilih berdasarkan prestasi yang pernah diraihnya. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu apakah mereka pernah memperoleh award yang diikuti pada ajang festival periklanan.

5) Ketahui cakupan kerja/keahlian studio desain/desainer grafis
Umumnya, sebagian besar desainer grafis memiliki keahlian dan keterampilan khusus yang dikuasainya. Lain halnya dengan studio desain atau creative agency, mereka cenderung memiliki para desainer grafis dengan berbagai macam keahlian di bidang masing-masing. Oleh sebab itu, perlu Anda perhatikan keahlian apa saja yang dimiliki oleh freelancer atau desainer tersebut agar menghasilkan desain atau karya yang bagus.

6) Sesuaikan budget yang ada
Selanjutnya, Anda juga perlu menyediakan budget yang sesuai dengan kesepakatan awal. Anda perlu mencari tahu berapa banyak biaya jasa freelancer desain grafis yang dibutuhkan. Umumnya, desainer grafis profesional atau creative agency seringkali mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan desainer lainnya. Lain halnya, jika Anda menggunakan jasa desainer grafis yang kliennya bukan berasal dari brand atau perusahaan ternama, tentu lebih mudah diajak bekerja sama. Bahkan, beberapa dari mereka seringkali menerima job dan rela banting harga demi memperoleh job tersebut.

Jasa freelancer desain grafis sangat banyak ditemukan. Meskipun begitu, tak semua freelancer memiliki kualitas karya yang diharapkan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih secara selektif dan cermat jasa desain grafis prodesional mana yang cocok dengan proyek yang akan Anda berikan. Penting juga bagi Anda untuk menjalin kerja sama yang baik dengan sang freelancer.

 

Leave a Reply