Menjadi Blogger Full Time di Era Sosial Media

, , Leave a comment

menjadi blogger di era media sosial

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata “blogger”? Mungkin kalian membayangkan seseorang yang menghabiskan banyak waktunya di depan laptop, membuat tulisan yang mungkin tidak seorang pun akan membacanya. Atau travel blogger yang kerjanya jalan-jalan sambil mendokumentasikannya ke dalam blog. Blogger hanyalah sebutan untuk orang yang menulis atau mengunggah informasi ke internet melalui platform seperti Blogspot atau WordPress.

Menjadi seorang blogger bukan hal mudah apalagi di tengah persaingan media sosial. Kenyataannya informasi lebih mudah ditemukan di jejaring sosial ketimbang blog. Makanya tidak heran jumlah pengguna sosial akan lebih banyak daripada blogger. Di beranda Facebook dan linimasa Twitter kita bisa menemukan banyak informasi terkini. Jadi sebenarnya blog itu untuk apa?

Kemudahan Melakukan Branding
Dengan memiliki blog pribadi di platform yang berdiri sendiri bukan melalui akun media sosial, kita bisa lebih mudah melakukan branding. Di Facebook atau Twitter orang akan mengingat akun kalian sebagai pengguna sosial media tersebut. Tetapi jika kalian mempunyai blog dengan nama domain sendiri, pembaca akan mengingatnya sebagai media yang berdiri sendiri. Selain itu juga lebih mudah bagi kalian melakukan branding misalnya dengan mencetak nama blog di kartu nama atau stiker misalnya.

Membuat blog sendiri baik yang gratis atau membeli hosting memberikan kita kebebasan untuk membuat tampilan blog sesuai dengan yang diinginkan. Sebagaimana telah diketahui Facebook dan Twitter memang terbatas untuk bisa menyampaikan informasi yang detail. Di blog kita bebas membuat artikel 2.000 kata dengan format yang bisa ditentukan sendiri. Tetapi itu semua membutuhkan pengetahuan tentang cara menggunakan content management system seperti WordPress. Tidak sulit tetapi bagi yang tidak punya kemauan untuk belajar pasti akan terasa mustahil.

Membuat Akun Sosial Media itu Gratis
Memiliki akun media sosial tidak membutuhkan biaya dan inilah yang menjadi sebab kenapa begitu banyak orang yang membuat akun Facebook, Twitter atau Instagram. Ya karena mudah dan pembuatannya gratis. Untuk memulai membuat blog sebenarnya tidak harus langsung membeli domain atau hosting. Kalian bisa belajar dari awal dengan akun blogger gratis, memang alamatnya terlihat lebih panjang karena ada ekstensi .blogspot.com atau .wordpress.com, tetapi itu tidak masalah karena bisa diganti. Setelah kalian merasa membuat blog itu menyenangkan dan ingin branding yang lebih mudah eksklusif, bisa mencoba membeli domain sendiri dengan ekstensi .com atau .web.id yang murah. Bagi pengguna blogspot atau blogger milik Google kalian tidak perlu membayar hosting, fasilitas custom domainnya juga gratis.

Lain halnya pengguna WordPress.com yang ingin menggunakan domain sendiri harus membeli fitur tambahan atau add-on Custom Domain. Maka sangat saya sarankan untuk pemula belajarnya menggunakan Blogger.com saja. Tetapi jika kalian punya semangat kuat untuk membuat blog jangka panjang yang bisa kalian isi terus artikelnya. Maka tidak ada salahnya menabung membeli domain atau hosting yang murah saja dulu. Untuk blog yang baru dibuat trafiknya bisa dibilang belum ada, jadi tidak perlu khawatir dengan spesifikasi hosting yang tinggi. Ada banyak penjual hosting murah mulai dari Rp 20.000 per bulan yang bisa kalian pilih. Spesifikasinya memang kecil tetapi lebih dari cukup untuk blog baru.

Mendapatkan Penghasilan Sendiri
Bukan rahasia lagi kalau blog dan sosial media bisa menjadi sumber penghasilan bagi pemilikinya. Rumusnya sederhana dan berlaku dalam segala hal, semakin banyak pengikut atau pembaca maka blog atau akun sosial media tersebut bisa mendapatkan penghasilan. Maka tidak heran kalau jumlah follower menjadi sesuatu yang penting bagi pemilik akun sosial media. Sedangkan untuk blog jumlah pembaca atau follower tidak selalu menjadi faktor utama apakah bisa mendapatkan penghasilan atau tidak.

Pengalaman saya adalah ketika mencoba SosiaGo sebuah platform influencer marketing di blog saya nul.is. Dulunya bernama iblogmarket dan sekarang sudah berubah tampilan dan sistemnya menjadi lebih baik. Melalu SosiaGo ini para blogger atau pemilik akun sosial media seperti Instagram atau Twitter bisa mendapatkan penghasilan dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh brand. Jadi SosiaGo ini berperan sebagai jembatan untuk mempertemukan brand dan influencer.

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan ketika sebuah brand ingin beriklan di blog. Diantaranya adalah skor DA yang sekarang menjadi standar baru di kalangan brand dan advertiser memilih blog untuk promosi. Dulunya Google PageRank yang menjadi patokan tetapi sekarang sudah ditiadakan sehingga harus muncul standar baru yang bisa digunakan untuk mengukur kelayakan sebuah blog. Skor DA ini bukan satu-satunya faktor, ada brand yang tidak peduli dengan skor DA sebuah blog asalkan topik atau kontennya menarik untuk mereka. Contoh saja travel blogger, mungkin di blog mereka kita akan jarang mendapatkan artikel sponsor atau advertorial tetapi mereka bisa mendapatkan tiket pesawat gratis dan voucher menginap hotel dan menuliskan pengalaman mereka di blognya.

Jadi ada banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog atau bahkan sosial media. Tinggal bagaimana kita jeli melihat peluang dan mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki untuk terus belajar. Karena teknologi itu selalu berkembang dan jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk menggunakan teknologi yang ada untuk hal positif.

 

Leave a Reply