Kisah Sukses Bisnis Tas Dede yang Menginspirasi

, , Leave a comment

Produk Tas Seminar

Sebuah keberhasilan dalam menjalankan bisnis tas tak jarang berhubungan dengan soal motivassi. Permodalan, ketrampilan, pengalaman, atau bahkan jaringan bisnis ternyata tak akan berarti jika tidak didasari motivasi yang kuat dan terus menerus untuk meraih keberhasilan.

Seperti pengalaman menarik dari Dede Hidayat yang dikenal sebagai salah seorang perintis pembuatan tas di Bandung. Meskipun alumni Universitas Islam Bandung (Unisba) ini adalah keturunan pengusaha tas namun dia membangun bisnisnya dari bawah. Yang menarik, dia tidak memanfaatkan fasilitas bisnis dari orang tuanya yang dikenal juga sebagai ahli dalam pembuatan tas.

Sang ayah yang bernama H. Dana Husen (alm) adalah seorang penjahit dan pembuat tas yang sering menerima pesanan dari berbagai pengusaha di Bandung. Mungkin darah “dunia tas” inillah yang menurun kepada Dede. Apalagi setiap hari dia melihat sang ayah yang rajin menjahit dan membuat tas dengan berbagai aktivitas dan lingkungannya.

Saat usia remaja, Dede mulai ikut membantu usaha ayahnya. Namun bukan dalam proses produksi pembuatan tas namun Dede lebih focus dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan ayahnya.

Melihat keahlian sang ayah membuat tas, Dede pun tertarik ikut serta. Pada 1975, ia putuskan untuk membantu sang ayah. Namun Dede tidak ikut campur dalam pembuatan tas, melainkan dalam hal pemasaran. Usai puulang sekolah atau saat libur, Dede pun menjual tas-tas produksi keluarga itu dengan membuka lapak di depan toko di sejumlah pasar di Bandung.

Setelah wisuda dank arena usahanya yang makin berkembang, Dede pun memutuskan membuat perusahaan sendiri yang diberi nama Idola Indonesia. Dengan modal hanya sebesar Rp 1,7 juta, dia pun mencobaa menawarkan ke instansi pemerintah, kantor, dan sejumlah BUMN untuk membuatkan tas berlogo untuk kegiatan diklat, seminar, atau acara lain dari kantor mereka.

Butuh waktu beberapa tahun agar berbagai instansi itu mau menerima tawaran itu. Dengan semangat tinggi dan pantang menyerah, kini bisnisnya telah besar. Bahkan perusahaan Dede sebagai pembuat atau pabrik tas Bandung kerap dicari berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan untuk membuatkan tas.

Sukses bisnis memang tak bisa dibangun dalam semalam. Semoga kisah sukses bisnis tas Dede ini menginspirasi anda.

 

Leave a Reply