Perkembangan Janin Sehat dan Ibu yang Sehat

, , Leave a comment

Memastikan tumbuh kembang janin sehat bagi ibu hamil dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Akan tetapi bagi banyak ibu hamil banyak juga yang belum mengetahui akan apa saja yang harus dilakukan agar bayi dalam kandungannya tetap sehat. Dalam hal ini misalnya dengan melakukan aktifitas olahraga ringan khusus ibu hamil sehingga kondisi ibu tetap sehat. Selain itu memenuhi akan nutrisi makanan juga sangat baik dalam menjaga tumbuh kembang janin terjaga kesehatannya.

Untuk berbagai kebutuhan nutrisi yang dapat dipenuhi bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan sehat dan terjamin kebersihannya, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan yang lainnya. Akan tetapi saat memasuki usia hamil pada trimester kedua sebaiknya juga diperhatikan untuk porsinya. Hal ini karena usia kehamilan tersebut mulai dirasakan adanya perubahan seperti pada fisik terutama berat tubuh yang semakin bertambah.

Selain itu untuk tetap menjaga kesehatan dan memberikan rasa nyaman pada ibu hamil maka pada usia ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi tablet besi. Konsumsi yang baik bisa mencegah ibu hamil dari anemia yang bisa menyebabkan resiko ibu hamil mengalami pendarahan saat melahirkan atau bayi yang lahir prematur. Akan tetapi mengkonsumsi pada timester ini juga ada resiko seperti mual.

Konsumsi lainnya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi asam folat yang bahkan sering dianjurkan sebelum masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi asam folat dapat menghindarikan bayi lahir dalam keadaan cacat. Dari itu pemenuhan yang tepat perlu dilakukan, anda bisa mendapatkan asupan asam folat dari berbagai jenis makanan seperti susu, oat, dan roti. Untuk lebih mudah mengkonsumsi susu khusus ibu hamil juga bisa dilakukan agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

Agar kondisi tetap sehat dan bugar bagi ibu hamil sebaiknya hindari juga berbagai hal yang bisa menyebabkan stres, ini karena bisa berpengaruh akan kondisi janin dalam tubuh serta kesehatan ibu hamil. Jalin komunikasi yang rutin dengan pasangan dan konsultasikan segera tentang kondisi kehamilan kepada dokter jika terjadi hal yang kurang diketahui.

 

Leave a Reply