Indahnya Pulau Muna, Daerah Asal Layang-layang Tertua di Dunia

, , Leave a comment

fitrianidris_instagram

Pulau Muna, pulau yang terletak di ujung pulau Sulawesi Tenggara, mempunyai luas sekitar 2.889 km persegi dan terkenal akan kayu jati serta jambu atau kacang madenya. Untuk mencapainya, kamu perlu beli tiket pesawat Garuda dari kota asal menuju Kendari, lalu disambung dengan feri cepat dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Pulau Muna, dahulu bernama Wuna yang berarti bunga, mempunyai keindahan yang gak boleh dianggap remeh. Ada apa aja di Pulau Muna? Berikut ulasannya.

Layang-layang tertua di dunia
Kamu tau layang-layang, kan? Ituloh, lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali sebagai pengendalinya. Tau, kan? Menurut kamu, layang-layang berasal dari mana? Tiongkok? Salah… layang-layang yang tertua di dunia ada di Pulau Muna. Biasa disebut kaghati kolope yang artinya “layang-layang yang terbuat dari daun kolope”. Kolope sendiri adalah sejenis daun ubi hutan yang banyak tumbuh di Pulau Muna. Bahkan layang-layang ini disahkan oleh peneliti Jerman, Wolfgang Beck sebagai yang tertua di dunia. Ku terharu.. Bangga..

Lukisan Purba dalam Gua Karst
Konon, ribuan tahun lalu, gua karst menjadi tempat tinggal bagi manusia purba, mengingat banyaknya gua karst yang ada di Pulau Muna, tepatnya di Kecamatan Lohia yang bisa dicapai hanya dengan 30 – 45 menit berkendara. Di Kecamatan Lohia inilah banyak gua karst yang penuh dengan lukisan purba! Dijamin kamu akan tercengang saat melihatnya secara langsung. Lukisan di dinding gua ini dibuat dari tanah liat, darah hewan buruan, dan getah kayu. Lukisan ini masih jelas sampai sekarang, lho. keren, kan?

Pulau Seribu Danau
Pulau Muna dijuluki sebagai Pulau Seribu Danau, karena memang kenyataannya pulau ini memiliki banyak sekali danau yang cantik, seperti Danau Ubur-ubur Desa Lohia, Danau Napabale, dan Danau Moko. Pokoknya, semua danau di Pulau Muna ini airnya jernih! Serius, gak bohong!

Selain danau, Pulau Muna juga memiliki mata air yang biasa digunakan masyarakat sekitar untuk pasokan air bersih. Kayaknya, apapun yang ada di Pulau Muna ini selalu jernih dan menakjubkan, ya? hemmm… jadi pengin berburu tiket pesawat Garuda untuk liburan ke Pulau Muna.

Masyarakat di Pulau Muna, khususnya kaum hawa, sering menggunakan bedak dingin untuk melindungi wajah mereka dari terik panas matahari. Masker alami ala masyarakat Muna ini patut dicoba, lho. Lumayan, untuk menetralkan kulit setelah seharian panas-panasan.

Pengin liburan ke Pulau Muna? Pesan tiket pesawat Garuda sekarang dan nikmati indahnya Pulau Muna. Oh iya, ingat! jangan buang sampah sembarangan, jangan merusak alam sekitar dan selalu hormati adat istiadat di manapun kamu berada. Mau liburan seru di pulau cantik? #gampang! Bareng Mister Aladin aja!

 

Leave a Reply