Sekilas Mengenai Software HRIS Dan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakannya

, , Leave a comment

Software HRIS mungkin masih terdengar asing di telingan beberapa orang. Tak terkecuali bila kamu seorang karyawan pada suatu perusahaan. Memang tidak semua perusahaan di Indonesia menggunakan software HRIS. Tapi Walaupun begitu, paling tidak kamu memahami tentang software ini terutama bila kamu hendak melamar kerja di bagian human resource development. Lalu sebenarnya apa, sih software HRIS itu? Software HRIS merupakan sebuah software yang bertujuan untuk membantu mengatur human resource melalu system informasi elektronik. Cara kerjanya mirip data entry yang dimana data dimasukan dengan cara menginput di computer dan otomatis akan tersimpan disana. Kehadirian software HRIS pada suatu perusahaan memiliki cukup banyak manfaat salah satunya adalah membantu tugas Human Resource Development menjadi lebih focus tertata. Secara normal, HRIS hadir dalam bentuk database dimana terdapat banyak data mengenai karyawan sampai perencanaan perusahaan. Namun terdapat berbagai tipe software HRIS yang bisa mempengaruhi fungsi dari software HRIS tersebut terhadap perusahaan. Berbeda tipe dapat mempengaruhi kapabilitasnya. Pilihlah software HRIS yang sesuai dengan kapabilitas dari perusahaan.

Baca Juga : Mudah melakukan proses rekrutmen dengan software hris ini

Fungsi HRIS secara professional
Pada dasarnya software HRIS memang digunakan untuk perusahaan secara professional. Namun kamu juga perlu mengetahui beberapa fungsi dari software HRIS ini untuk perusahaan secara professional berikut ini.

• Me-manage seluruh informasi mengenai karyawan. Disinilah poin penting dari software HRIS. Bayangkan saja apabila seorang Human Resource Development mengurus ribuan data dari karyawan di suatu perusahaan secara manual. Tentu akan sangat menyusahkan dan tidak efektif, bukan? Informasi yang disimpan mengenai nama, alamat, gaji, dan experience history.

• Keuntungan administrasi juga menjadi hal yang dipertimbangkan mengapa software HRIS digunakan pada suatu perusahaan. Software HRIS memungkinkan pegawai/karyawan untuk mengolah dan mengedit data mengenai mereka secara mandiri. Data tersebut berupa enrolment, status changes, dan informasi personal yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan. Hal tersebut tentu sangat efektif dan tidak memerlukan banyak orang untuk mengolah data satu pegawai.

• Rencana pengembangan lebih jelas dan terarah dengan menggunakan softare HRIS ini. Rencana pengembangan yang jelas juga dapat mempermudah perusahaan untuk mendapatkan calon kandidat karyawan yang sesuai dengan kubutuhan dan standart perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tidak lagi kesulita untuk mencocokan data antar job yang dibutuhkan dengan para pelamar karena semua data mengenai hal tersebut sudah terekam di software.

• Rekrutmen dan resume management lebih terintegrasi. Dengan mudah perusahaan dapat melihat profil para pelamar dan meng-hire secara elektronik. Segala informasi mengenai calon karyawan dapat dilihat melalu satu data. Hal tesebut sangat efektif karena tidak lagi membutuhkan kertas.

Nah, itulah beberapa hal sekilas mengenai software HRIS. Ada rekomendasi Software HRIS yang dapat digunakan oleh perusahaan anda, Yaitu HRIS Software LinovHR, Kenapa LinovHR ? Simak alasan nya disini

 

Leave a Reply