3 Tips Membatasi Asupan Kalori Pada Menu Sehari-hari

, , Leave a comment

Semua orang tentu paham jika tak semua makanan berkalori tinggi merupakan musuh bagi sistem pencernaan. Sebab bagaimanapun juga kalori yang terkandung di dalam makanan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang berbagai sistem di dalamnya. Maka inilah salah satu alasan mengapa dalam program diet dianjurkan membatasi kalori bukan memangkasnya sampai habis. Jadi perlu dipahami jika kalori ini juga diperlukan oleh tubuh, diet yang sehat adalah membatasi jumlahnya agar sesuai kebutuhan tubuh.

Tips Membatasi Kalori dari Menu Sehari-Hari

Mengingat adanya manfaat makanan berkalori tinggi bagi kesehatan tubuh maka tugas Anda yang ingin diet adalah membatasi jumlahnya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Kenali jumlah kalori per bahan makanan,
    Semua makanan memiliki jumlah kalori yang paten, mau organik ataupun yang biasa kadar kalori buah mangga akan tetap sama. Jadi kenali jumlah kalori per jenis makanan minimal dari yang sering dimakan atau dijumpai. Sehingga membantu Anda membatasi kalori yang masuk agar berat badan tetap ideal.

  2. Paham cara mengolah bahan makanan,
    Meski sudah memilih makanan dengan kadar kalori yang rendah namun jika pengolahannya salah bisa membuatnya berkalori tinggi. Contohnya adalah ketika memasak sayur bayam, jika dibuat sayur bening maka kalorinya tetap sesuai dengan daftar kalori di buku nutrisi. Namun akan berbeda jika dimasak dengan cara di tumis apalagi jika dibuat menjadi rolade, kadar kalori dan lemaknya akan naik. Maka pilih cara merebus, mengukus, dan dipanggang saat diet rendah kalori.

  3. Kombinasikan bahan makanan yang disantap,
    Membatasi kalori bukan berarti tidak makan dan menghapus jenis bahan makanan tertentu untuk selamanya. Anda masih bebas makan apa saja namun dikombinasikan agar kalori yang masuk sedikit namun perut tetap kenyang. Proses diet pun tidak terlalu menyiksa karena memang bisa menikmati makanan enak dengan kalori rendah namun perut dijamin kenyang seharian. Jadi kombinasikan mana sumber protein hewani, protein nabati, lemak, sayur, dan sebagainya supaya tubuh tidak mengalami mal nutrisi.

 

Leave a Reply