Vivo V9 dan Y83; Mana yang paling Anda Sukai? Cek di Sini!

, , Leave a comment

Vivo kembali meramaikan dunia gadget! Bukan hanya Asia melainkan juga dunia. Belum lama ini Vivo kembali melepas smartphone terbarunya, yaitu Y83 yang mendesain bodinya dengan “poni” atau kita sebut sebagai notch di bagian tepi atas layar. Wah, tentunya ini mengingatkan kita kembali pada generasi sebelumnya yakni V9 yang rilis pada Maret lalu. Kira-kira, mana yang lebih jago? Apakah kakaknya atau adiknya? Yuk! Cek sekarang juga generasi mana yang lebih unggul dan handal di antara keduanya di sini!

Mulai dari layar, keduanya memiliki kualitas layar yang sama. Masing-masing menawarkan kepada konsumennya sensasi layar FulView Display dengan aspek rasion kekinian, yaitu sebesar 19:9. Pada rasio ini, tampilan layar akan tampak lebih luas daripada smartphone standar dengan aspek rasio 16:9. Keduanya pun memiliki sisi bingkai tipis yang membuat gaming dan multimedia content menjadi lebih mengasyikkan dan menyenangkan. Bukan hanya itu, kedua bersaudara ini juga dibekali dengan fitur fingerprint yang memiliki kapasitas baterai 3.260 mAh. Lho, kok sama? Sebentar, sabar dulu. Ternyata ada yang berbeda antara keduanya. Pada sisi desainnya, kedua ponsel pintar yang tampak identik ini ternyata memiliki dimensi layar yang berbeda. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.

Keduanya memang memiliki diagonal layar yang hampir sama, tetapi untuk lebih detailnya pada layar Vivo Y83 berukuran 6.22 inch sedangkan V9 berpanel dengan ukuran 6.3 inch. Beda dikit! Namun, resolusi pada layar Vivo V9 lebih unggul dengan dibekali FHD+ sementara pada Vivo Y83 hanya HD+. Perbedaan ini pun berdampak pada ukuran dimensi layar keduanya. Vivo Y83 berukuran 155.21 x 75.24 x 7.7 mm dengan bobot seberat 151 gr, sedangkan pada Vivo V9 dikemas dengan dimensi 154.81 x 75.03 x 7.89 mm dengan bobot seberat 150 gr. Wah, si kakak ternyata lebih berat daripada adiknya.

Selain itu, kedua perangkat ini ternyata dibekali dengan prosesor yang berbeda. Pada Vivo V9 diusung dengan chipset Snapdragron 450 CPU octa-core dari Qualcomm, sementara pada Vivo Y83 ini didukung dengan prosesor Mediatek chipset Helio P22. Namun, keduanya memiliki jumlah inti yang sama.

Pada sektor kapasitas penyimpanan, Vivo V9 lebih unggul dengan kombinasi 4GB/64GB sedankan Vivo Y83 hanya 4GB/32GB. Meskipun begitu, Vivo memberikan keduanya dengan menghadirkan slot microSD yang sama hingga 256GB. Selain itu juga keduanya berjalan pada OS yang sama, yakni OS Android 8.1 Oreo yang dilengkapi dengan Funtouch OS 4.0.

Kemudian pada sektor fotografi, Vivo V9 ini lebih unggul dengan dual kamera belakang 12MP+2MP f/2.0 yang didukung dengan flash berlensa 24 MP f/2.0. Sedangkan pada Vivo Y83 hanya dimanjakan dengan lensa utama berukuran 13 MP dan belakang 8 MP dengan bukaaan f/2.0. Meskipun kalah dalam hal kualitas fotografi, tetapi Y83 memiliki keunggulan yang sama halnya dengan V9 yaitu dilengkapi dengan Al Face Beauty. Dengan teknologi ini, Anda bisa menikmati kemampuan deteksi gender, usia, warna dantekstur kulit serta tidak lupa pencahayaan lingkungan sekitar. Dengan fitur ini juga, setiap hasil fotografi Anda akan tampil natural.

Dari berbagai laman e-commerce di Indonesia, harga yang dibanderol untuk Vivo V9 adalah Rp. 3,799 juta dan Vivo Y83 adalah Rp. 3,199 juta. Jika Anda pertimbangkan lagi, dari kedua smartphone Vivo ini tampak jelas bahwa kakaknya, Vivo V9 lebih unggul dari adiknya Vivo Y83. Namun tidak berarti V9 menjadi produk rekomendasi untuk Anda. Setiap pengguna memiliki kebutuhan atau selera yang berbeda soal smartphone. Kedua smartphone tersebut memiliki segmen yang tidak sama dan tidak saling tumpah tindih. Jadi, Anda tidak akan bingung untuk memutuskan. Jika Anda ingin memiliki yang unggul dengan desain dan tampilan layar, maka pilihlah Vivo V9. Namun, jika Anda ingin harga yang terjangkau tetapi tetap handal maka pilihlah Vivo Y83. Nggak usah bingung!

 

Leave a Reply