Perkembangan Janin Usia hamil 3 Bulan

, , Leave a comment

Ketika janin berusia 3 bulan, kebanyakan para ibu hamil sudah mengetahui bahwa dirinya sedang dalam proses kehamilan sehingga mereka akan lebih memperhatikan segala hal tentang kehamilannya. Tahukah anda? Pada saat usia hamil 3 bulan, embrio dalam rahim ibu hamil kini akan terus berkembang menjadi janin yang tentunya perkembangan ini merupakan salah salah satu langkah awal calon buah hati anda menjadi seperti manusia kecil yang lucu.

Pada usia 3 bulan kehamilan, sebagian besar ibu hamil sudah merasakan pergerakan dari dalam rahimnya walaupun masih lemah dan tidak teratur biasanya pergerakan tersebut akan lebih terasa jika ibu hamil memiliki kulit perut yang tipis. Saat usia janin 3 bulan, terdapat beberapa tugas yang wajib untuk dikerjakan oleh ibu hamil seperti senantiasa menjaga kesehatannya sehingga ketika dia sehat janin yang ada didalam rahim juga akan sehat.

Alasan mengapa ibu hamil sangat diwajibkan untuk menjaga kesehatan dirinya dan juga janin hal ini dikarenakan pada usia 3 bulan sangat rentan terjadinya keguguran. Namun, selain mengejakan tugas tersebut, ibu hamil juga perlu mengetahui tentang perkembangan janin yang ada didalam perut hal ini bertujuan agar ibu hamil akan lebih mudah mendeteksi apakah janin yang ada didalam perut tetap sehat atau sebaliknya.

Lalu, Bagaimana Saja Perkembangan Janin Usia Kehamilan 3 Bulan Itu?
Pada saat usia kehamilan 3 bulan, janin yang ada didalam rahim seorang ibu hamil mengalami banyak sekali perkembangan. Namun, berbicara tentang hal tersebut banyak sekali kasus kebanyakan ibu hamil belum mengetahui sepenuhnya tentang perkembangan janin yang ada didalam rahimnya sehingga hal ini menyebabkan ibu hamil tidak mengetahui apakah didalam rahimnya janin berkembang dengan baik atau tidak.

Nah, untuk menambah pengetahuan ibu hamil seputar perkembangan janin usia 3 bulan maka pada ulasan berikut ini kita akan membahas tentang beberapa perkembangan spesifik janin pada usia 3 bulan kehamilan:

  1. Pada saat kehamilan usia 3 bulan, janin sudah memiliki wajah yang tentunya dilengkapi dengan atributnya seperti hidung, mata, mulut, pipi dan berbagai organ lainnya yang berada disekitar wajah.
  2. 32 macam bakal untuk giginya kelak sudah mulai terbentuk.
  3. Janin sudah memiliki jari disertai dengan kukunya baik itu untuk bagian tangan maupun untuk bagian kaki.
  4. Jenis kelamin janin sudah mulai terbentuk namun belum berkembang dengan sempurna sehingga pada saat di USG anda masih belum bisa mengetahui jenis kelaminnya.
  5. Sistem tulang dan otot janin sudah mulai terbentuk.
  6. Janin sudah bisa bergerak hal ini dikarenakan sebagian sistem syaraf sudah mulai bekerja serta sistem syaraf otak juga sudah mulai berfungsi.
  7. Janin sudah mulai bisa menghisap dan menelan bahkan janin juga sudah mulai bisa buang air kecil.
  8. Janin sudah mulai bisa menguap.
  9. Janin sudah berkembangan dengan ukuran kurang lebih 3.5 inci.

Itulah beberapa perkembangan janin pada usia kehamilan 3 bulan yang perlu diketahui oleh ibu hamil. perkembangan ini tentunya akan terus berlanjut sampai dengan bulan selanjutnya. Pada usia kehamilan usia 3 bulan terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai oleh ibu hamil seperti tidak boleh terlalu sering melakukan hubungan suami istri hal ini dikarenakan janin yang ada didalam perut masih belum kuat dan tentunya sangat rentan terajadinya keguguran. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply