Cara Menghitung Usia Kehamilan Di Rumah Secara Tepat

, , Leave a comment

AQIQAH YOGYAKARTA – Kehamilan adalah proses menunggu yang banyak diharapkan oleh orang-orang yang baru saja melaksanakan pernikahan. Kehadiran calon buah hati ini tentu saja akan membuat keluarga anda terasa lengkap dan membuat anda merasa memiliki keluarga yang utuh.
Proses kehamilan ini harus dilalui oleh wanita selama 9 bulan, waktu yang tidak sebentar itu banyak dimanfaatkan oleh calon ibu untuk memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan untuk memastikan calon buah hati yang dikandung tersebut tetap sehat dan terjaga dengan baik sampai waktu persalinan tiba.

Banyak dari calon ibu ini akan merasakan gugup bahkan panik ketika menghadapi masa persalinan dan hal ini terbilang wajar karena mungkin ini adalah momen pertama untuk mereka. Namun meskipun begitu sebaiknya wanita hamil tidak merasa stress dan tetap menjaga kesehatan dengan cara berolah raga ringan dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Biasanya untuk menghitung usia kehamilan, calon ibu bisa melakukannya dengan cara pergi ke dokter kandungan tetapi hal ini bisa menghabiskan biaya jika dilakukan secara sering dan terus menerus. Usia kehamilan bisa mencapai 40 minggu atau 280 hari, dan hal ini bisa dihitung dari hari pertama anda berhenti haid, dan biasanya dokter kandungan menghitung dalam minggu karena bisa lebih tepat dan akurat.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menghitung usia kehamilan sendiri di rumah mungkin cara ini bisa anda gunakan.
Dengan cara menghitung dari hari pertama anda berhenti haid atau hari pertama haid terakhir atau biasa disingkat HPHT Kemudian anda bisa menggunakan rumus naegele untuk menghitung usia kehamilan.

Bagi anda yang memiliki haid teratur bisa menggunakan rumus HTHP dikurangi 7 pada bulan haid dan dikurangi 3, lalu pada bagian tahun bisa dikurangi 1.

Dan jika anda memiliki waktu haid yang tidak bisa dikurangi 3 atau pada bulan januari sampai dengan maret maka bisa dengan cara dijumlahkan dengan 9 dan tidak perlu melakukan pengurangan 1 pada bagian tahun.

Contoh rumus naegele tersebut adalah seperti dibawah ini

-Pada HTHP tanggal 17 agustus 2016 cara menghitungnya ialah 17 – 7 = 10 (tanggal), 8 (agustus) – 3 = 5 (mei), tahun 16 + 1 = 17
-Jadi untuk memperkirakan proses persalinan pada tanggal 10 mei 2017
-Pada HTHP bisa di perkirakan sekitar 7 hari sehingga hari dimana bayi lahir sekitar 3 hingga 17 mei 2017

Itulah cara agar anda bisa memperkirakan usia kehamilan secara tepat dan bisa anda lakukan di rumah tanpa perlu pergi ke dokter kandungan.

 

Leave a Reply