Ini Dia Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Bayi Susah Tidur Dan Cara Mengatasinya

, , Leave a comment

Bayi bisa terbangun kapan saja karena bayi ini belum memiliki waktu tidur yang tetap. Namun terkadang beberapa orang tua dibuat khawatir karena adanya beberapa bayi yang mengalami susah tidur. Bayi tidak akan selalu tertidur dimalam hari karena mereka ini akan lebih aktif di malam hari dan akan mengajak orangtuanya begadang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan bayi susah tidur, dan faktor faktor penyebabnya itu sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan bayi susah tidur dan cara mengatasinya diantaranya yaitu :

1. Bayi Haus Dan Lapar
Jika bayi merasa perutnya kenyang maka bayi pun akan dapat tertidur dengan nyenyak. Karena jika bayi merasa perutnya lapar dan haus maka bayi akan mengalami susah tidur. Sehingga agar bayi dapat tertidur dengan nyenyak maka pastikan jangan sampai terlambat untuk memberi makan bayi.

2. Kamar Yang Kurang Nyaman
Sesuatu yang tidak nyaman akan sangat mudah dirasakan seorang bayi. Apalagi sebuah kamar yang dia tempati setiap harinya. Jika kamarnya tidak membuatnya nyaman maka mereka akan merasa kesulitan untuk memejamkan mata. Agar bayi merasa nyaman di kamarnya maka pastikan kamarnya akan selalu bersih dan juga rapi.

3. Bayi Terlalu Banyak Bermain
Ketika bayi terlalu banyak main maka waktu tidurnya akan terganggu. Bayi yang terlalu banyak bermain biasanya tidak akan menyadari jika dirinya lelah sehingga akan mengalami kesulitan untuk tidur dimalam hari. Sehingga sebaiknya batasi anak didalam bermain agar anak tidak akan merasa terlalu lelah nantinya.

4. Bayi Memakai Popok Yang Basah
Bayi juga akan merasa tidak nyaman ketika popok yang sudah basah tidak segera diganti. Jika popok basah itu belum diganti meski bayi sudah merasa ngantuk tetapi itu akan membuat ketidaknyaman sehingga menyebabkan dia akan sulit untuk tertidur. Sehingga ketika baayi sudah merasa ngantuk maka periksalah popoknya jika sudah basah maka gantilah popoknya.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan bayi susah tidur dan cara mengatasinya. Sebenarnya masih ada faktor faktor lainnya yang menyebabkan bayi kesulitan untuk tidur seperti tubuh bayi yang tidak segar, pakaian bayi yang tidak nyaman, dan juga ruam pada popok. Sehingga agar bayi tidak sulit tidur maka orang tua harus tahu penyebabnya dulu agar tahu cara mengatasinya dengan tepat.

 

Leave a Reply