5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

, , Leave a comment

Dengan segala kenyamanannya, belanja online juga dipenuhi dengan risiko-risiko yang cukup berbahaya. Beberapa orang bahkan mengalami hari buruk, karena setelah mentransfer uang untuk memberli barang, ternyata barang tidak sampai ke tempat tujuan. Atau kasus lainnya seperti tertipu karena presentasi gambar produk yang ditawarkan online shop, setelah sampai ternyata kondisi produk tidak sesuai dengan gambar aslinya. Yang namanya belanja lewat akses virtual, memang banyak sekali modus penipuan yang membuat kita sebagai konsumen, mesti selalu berhati-hati. Jika kamu ingin belanja online aman dan nyaman, sebaiknya cek beberapa tips berikut ini.

  1. Brand yang Terpercaya dan Punya Reputasi Kuat
    Untuk urusan jual beli, trust memang segala-galanya. Namun untuk jual beli online, terkadang sulit menemukan online shop atau brand produk yang benar-benar 100% terpercaya. Agar terhindar dari tindakan penipuan online, sebaiknya kamu tetap keep berbelaja online di online shop atau brand produk yang terpercaya. Toko online atau brand yang terpercaya tentunya juga memiliki reputasi yang sangat kuat sebagai produsen yang berkualitas. Memang terdapat banyak toko online baru yang menawarkan produk dengan harga yang sangat menggiurkan, namun apakah kamu percaya dengan toko online tersebut? Jadi jangan pernah kompromi dengan trust saat berbelanja online.

  2. Cek Keamanan Situs
    Terdapat banyak sekali online shop di internet, sehingga kita ‘pun jadi bingung mesti belanja dimana. Biasanya, karena terlalu terburu-buru atau terlalu ngebet dengan produk tertentu, shopper tidak mengecek keamanan dari online shop. Setiap online shop memiliki level keamanannya masing-masing, dan kamu mesti lebih aware mengenai hal tersebut. Beberapa toko online bahkan tidak menawarkan sistem keamanan sama sekali, sehingga sangat rentan dengan tindak peretasan seperti pengambilan informasi konsumen ataupun informasi kartu kredit. Jika kamu sedang browsing di internet untuk belanja online, pastikan kamu hanya membatasi browsing pada situs-situs yang memiliki sistem keamanan yang kuat. Selain itu pastikan URL situs dimulai dengan https://, bukan http://. Situs yang terpercaya juga biasanya memiliki ikon gembok disebelah kanan bawah layar.

  3. Hati-hati dengan Promo yang Terlalu Lebay
    Jika kamu menemukan promo yang terlalu lebay, misal “beli 1 gratis 3” atau “cashback 90% untuk hari ini saja”, maka kamu patut bertanya-tanya. Banyak sekali kasus dimana shopper membeli produk yang dilabeli diskon gila-gilaan namun ternyata kondisi produk tidak sesuai seperti yang dibayangkan. Tak hanya itu, beberapa online shop menjadikan promo ini sebagai ajang penjualan barang cuci gudang atau yang sudah expired. Namun berbeda jika kamu menemukan Bukalapak gratis ongkir, karena promo tersebut memang sudah terbukti works. Iya betul sekali, belanja online murah di Bukalapak gratis ongkir pula, jadi kamu bisa mendapatkan manfaat berkali-kali lipat banyaknya.

  4. Jangan Belanja Online di Tempat Umum
    Jika kamu punya rencana untuk belanja online, sebaiknya lakukan di rumah. Dengan belanja online di rumah, kamu bisa belanja kapanpun kamu mau, siang hingga malam. Tak hanya itu, kamu ‘pun tentunya lebih paham akses Wi-Fi di rumah, karena cuma kamu yang punya akses. Berbeda jika kamu belanja online di tempat umum misal seperti kafe atau mall, maka kamu tidak tahu siapa saja yang mengakses jaringan Wi-Fi. Tak hanya itu, kamu pun tidak punya kontrol jika tiba-tiba ada virus yang masuk kedalam laptopmu dan mengambil semua data yang kamu miliki.

  5. Jangan Simpan Data Disembarang Situs
    Beberapa marketplace menawarkan sistem yang mempermudah proses belanja. Misalnya setelah shopper memasukan data kartu kredit, shopper tak perlu lagi memasukan data tersebut saat proses belanja dikemudian hari karena datanya sudah disimpan. Tak masalah jika marketplace memang sudah dijamin kredibilitasnya, namun apakah semua marketplace aman dari tindakan peretasan? Jadi sebaiknya jangan sembarangan memasukan data kartu kredit kedalam toko online. Sebaiknya gunakan cara manual, dimana kamu mesti memasukan data kartu kredit setiap kali kamu belanja barang.

Nah itulah 5 tips belanja online aman dan nyaman, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply