Pemeliharaan Genset StandBy

, , Leave a comment

Pada tahun 2018 sebagian besar wilayah di Inonesia sudah dialiri listrik. Namun masih banyak daerah yang aliran listrik tidak stabil sehingga sering terjadi pemadaman listrik. Pemadaman listrik yang dilakukan bukan hanya satu jam atau dua jam terkadang sampai satu hari listrik mati. Pemadaman ini akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, karena sekarang semua pekerjaan dirumah atau dikantor memerlukan listrik. Pemadaman listrik ini juga sangat mengganggu kegiatan di Rumah Sakit, bioskop, dan tempat makan. Maka dari itu biasanya tempat yang seperti itu selalu menyediakan genset sebagai listrik cadangan mereka.

Genset yang biasa digunakan untuk rumah sakit adalah kapasitas genset standby. Genset standby ini digunakan untuk keadaan siaga dan genset ini jarang digunakan karena perlu waktu untuk dingin. Perawatan genset ini akan memberikan hasil yang baik saat terjadi pemadaman listrik. Ketika genset tiba-tiba tidak bisa di jalan biasanya karena prosedur perawatan yang salah atau kelalaian perawatan. Biasanya penyebeb genset gagal starting adalah :

  1. Tombol start dalam posisi off bukan auto

  2. Filter bahan bakar tersumbat oleh kotoran yang tidak dibersihkan

  3. Aki kekurangan masa charging

Sebenarnya semua masalah diatas bisa diatasi dengan melakukan perawatan dan service genset secara rutin. Berikut adalah pemeliharaan preventif yang harus dilakukan :
1. Pemeriksaan umum, pemeriksaan umum meliputi apakaah ada kotoran seperti debu, air, di genset anda

  1. Pemeliharaan system pelumasan, pemeliharaan ini meliputi penggantian oli secara rutin dan berkala

  2. Pemeliharaan system pendingin, pemeliharaan ini meliputi pemeriksaan ketegangan tali kipas, dan air radiator

  3. Pemeliharaan system bahan bakar, pemeliharaan ini meliputi system bahan bakar adalah dengan menguras tangki bensin secara rutin agar tidak terjadinya endapan lumpur

  4. Pemeliharaan aki starting, aki starting yang tidak di charging akan menyebabkan genset anda tidak bisa di starter

  5. Pemanasan mesin, pemanasan mesin ini harus dilakukan apabila genset jarang digunakan. Pemanasan mesin dilakukan selama 5-15 menit setiap dua hari sekali.

 

Leave a Reply