Cara Mencegah Pergaulan Bebas Pada Remaja

, , Leave a comment

Perkembangan teknologi membawa dampak baik dan buruk bagi siapa saja. Tak terkecuali juga bagi remaja. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini, tingkat pemikiran masih sangat labil dan mudah sekali terpengaruh oleh lingkungan. Jika tidak diarahkan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan tindakan negatiflah yang akan dilakukan para generasi bangsa ini.

Salah satu tindakan yang paling berbahaya adalah pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah tindakan menyimpang dari aturan, norma dan nilai-nilai yang hidup serta diakui oleh masyarakat. Banyak sekali dampak negatif yang bisa timbul akibat adanya pergaulan bebas. Mulai dari terjadinya seks bebas, penggunaan obat-obatan terlarang, terkana penyakit menular berbahaya semacam HIV/AIDS, berbagai kenakan remaja dan lain sebagainya.

Cara Mencegah Pergaulan Bebas
Maka kita sebagai orang tua harus membentengi anak-anak dengan sejumlah cara agar tidak terpengaruh pergaulan bebas. Bagaimanapun, pergaulan bebas akan merusak masa depan anak-anak yang masih dalam usia remaja. Lalu tindakan apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas?

  1. Berikan Perhatian Pada Anak
    Hal terpenting yang paling diingakan seorang anak adalah perhatian. Bagaimanapun anak tak hanya butuh kebutuhan finansial. Bahkan anak cenderung tidak peduli dengan finansial. Yang terpenting apa yang diinginkanya terpenuhi, itu sudah cukup bagi anak. Berapa banyak anak yang terjerumus dalam pergaulan bebas karena tidak mendapat perhatian dari keluarga? Bahkan kebanyakan anak-anak yang melakukan pergaulan bebas adalah mereka yang berasal dari keluarga broken home.

  2. Beri Pendidikan Yang Baik
    Pendidikan adalah hal paling penting bagi seorang anak. Pendidikan yang baik juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mencegah pergaulan bebas. Kita bisa pilih pendidikan formal ataupun nonformal. Pendidikan agama juga penting.

  3. Perbanyak Kegiatan Positif
    Untuk mengalihkan masa remaja anak yang penuh dengan semangat dan gejolak, kita bisa laihkan masa ini dengan berbagai kegiatan positif. Tak masalah anak ikut dalam berbagai kegiatan, selama itu positif.

 

Leave a Reply