3 Manfaat Yang Akan Kamu Dapatkan Setelah Mendonorkan Darah

, , Leave a comment

Berdasarkan dari hasil survei, terdapat jutaan manusia yang memerlukan transfusi darah dalam setiap tahunnya. Bahkan, tahun ini merupakan yang terbanyak dari permintaan transfusi darah tersebut. Dengan demikian, sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk mendonorkan darah kepada meraka yang benar-benar membutuhkannya. Kegiatan donor darah juga merupakan salah satu tindakan nyata, untuk menyelamatkan mereka. Pada umumnya, sang pendonor akan diambil darahnya sebanyak 480 ml. Terlepas dari semua hal itu, manfaat donor darah tak hanya berlaku bagi si penerimanya saja. Sang pendonor pun akan ikut merasakan manfaatnya pasca kegiatan donor darah tersebut. Lantas, manfaat seperti apakah yang akan diterima si pendonor setelah mendonorkan darahnya ? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 3 manfaat bagi kamu yang telah mendoorkan darah :

  1. Mengurangi Kelebihan Zat Besi
    Pada dasarnya, takaran normal zat besi sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Sebab, zat besi tersebut berguna untuk memelihara kesehatan oragan tubuh seperti tulang, hati, dan jantung. Namun, zat besi yang berlebihan justru akan berubah menjadi musuh bagi kesehatan tubuh kita. Dengan melakukan donor darah secara rutin dan teratur, maka otomatis zat besi yang berlebihan dalam tubuh dapat berkurang.

  2. Mempercepat Produksi Sel Darah Merah Yang Baru
    Manfaat kedua yang akan diterima oleh si pendonor setelah mendonorkan darahnya, yakni dapat mempercepat produksi sel darah merah yang baru. Si pendonor bertindak sebagai pemberi darah, yang artinya sel darah merah dalam tubuhnya akan berkurang. Namun, hal ini justru akan memicu sumsum tukang belakang untuk memproduksi sel darah merah yang baru dengan respon yang cepat. Sel-sel darah merah dalam tubuh akan diupgrade setekah 5 – 8 minggu kedepan.

  3. Dapat Melancarakan Peredaran Aliran Darah
    Manfaat terakhir yang akan diterima oleh si pendonor setelah mendonorkan darahnya, yakni dapat melancarkan peredaran aliran darah. Orang yang lebih aktif dalam kegiatan donor darah, cencerung akan memiliki peredaran darah yang lancar. Pasalnya, hal ini juga dikarenakan telah terjadi pembaharuan sel-sel darah merah di dalam tubuh manusia. Dengan demikian, tak heran jika si pendonor tampak lebih segar dan bugar dari sebelumnya.

Itulah 3 manfaat yang akan kamu dapatkan, apabila kamu telah mendonorkan darahnya. Setalah mengetahui manfaat dari mendonorkan darah, apakah diantara kalian masih ada yang ragu untuk mendonorkan darahnya ?

 

Leave a Reply