Mengenal Lebih Dekat Telepon Satelit

Telepon-Satelit

Tidak dapat dipungkiri, saat ini perkembangan teknologi memang sudah tidak bisa di hindari lagi. Salah satunya adalah dengan mulai tenarnya penggunaan telepon satelit. Telepon satelit ialah salah satu layanan komunikasi yang berbentuk telepon tanpa kabel yang akan menempatkan BTS di udara hingga memiliki jangkauan yang lebih luas bila dibanding dengan telepon yang biasanya berjalan dengan menggunakan jalur GSM yang penempatannya berada di darat. Penggunaan telepon satelit ini memang sangat berguna untuk kita yang tinggal di daerah yang pedalaman, hingga laut lepas. Telepon satelit terbagi menjadi 2 jenis. Yang pertama ialah satelit genggam.

Telepon ini merupakan telepon satelit yang mempunyai jangkauan jauh lebih luas namun harus tetap berada di luar ruangan. Seringnya, jenis yang satu ini digunakan oleh tim pertolongan bencana. Jenis yang kedua ialah menetap. Telepon ini berbeda dengan satelit genggam. Telepon ini dapat Anda pergunakan di dalam rumah dikarenakan pemasangannya yang di dalam rumah serta antenanya berada di luar rumah. Cara kerja dari telepon satelit ini berbeda dengan telepon genggam. Jika telepon genggam, mereka akan memancarkan sinyal panggilan pada pemancar dengan mengarah pada telepon tujuan, namun untuk telepon satelit harus mengirimkan sinyal ke luar angkasa, hingga nantinya sinyal tersebut akan di tangkap oleh satelit dan memantulkannya kembali.

Oleh sebab itu, antena dari telepon satelit tidak boleh terhalang benda apapun. Saat Anda menggunakan telepon satelit untuk melakukan panggilan, caranya sebenarnya sama dengan melakukan panggilan di telepon genggam biasa. Anda tinggal memasukkan nomor telepon tujuan kemudian call. Nantinya ia akan menemukan satelit yang terdekat kemudian mengirim informasi tersebut pada telepon satelit nomor tujuan.

Satelit yang nantinya menerima informasi akan mengirimkan panggilan di mesin penerima yang ada di bumi dengan menggunakan perangkat gateway. Gateway inilah yang mencoba meneruskan panggilan bila pengiriman informasi tersebut mengalami kegagalan. Selain itu, gateway tersebut akan mengirimkan sinyal untuk kembali ke satelit yang paling dekat dan melanjutkannya hingga mencapai salah satu dari gateway. Proses akhir dari panggilan ini ialah gateway yang berhasil untuk menerima sinyal dari panggilan akan mengubah format sedemikian rupa agar bisa diterima oleh telepon seluler. Apabila koneksi dari pengubah format ini nantinya belum terbentuk sempurna, maka panggilan yang berasal dari pemanggil ke penerima tidak bisa untuk terlaksana.

 

Leave a Reply