5 Kelebihan Tersembunyi Lampu LED

lampu-led

Tentu Anda telah sering mendengar tentang lampu LED. Sebenarnya lampu ini telah ditemukan sejak lama, namun seiring dengan berkembangnya teknologi, lampu ini memiliki berbagai manfaat serta mampu di produksi dengan biaya yang jauh lebih murah. Saat Anda menggunakan berbagai peralatan elektronik seperti komputer, TV, laptop, handphone, speaker serta berbagai macam perabot elektronik yang lain dan memiliki lampu kecil yang nanti menyala sebagai tanda jika perangkat tersebut dalam kondisi on, lampu ini ialah light emitting diode atau yang sering disebut dengan LED. LED ialah semi konduktor yang akan mengubah listrik menjadi cahaya ketika melewati arus listrik.

Lampu LED di saat ini memang telah populer serta banyak digunakan. Walaupun teknologi ini tergolong masih baru, lampu ini telah menarik perhatian masyarakat sebab ia memiliki berbagai macam kelebihan jika dibanding dengan serangkaian jenis lampu yang lain. Berikut adalah berbagai keunggulan yang dimiliki lampu LED.

Hemat Energi

Kelebihan yang pertama ialah LED jauh lebih hemat energi, Jika sebelumnya mungkin Anda di pusingkan dengan tagihan listrik yang begitu membengkak, Anda bisa mencoba menggunakan jenis lampu LED. Lampu ini mempunyai daya listrik yang jauh lebih kecil sehingga bisa mengurangi pemakaian listrik Anda. Alasan LED jauh lebih hemat ialah karena ukuran watt nya yang sangat kecil.

Cahaya LED Tidak Panas

Anda bisa membedakan saat menggunakan neon dan LED. Lampu LED akan menghasilkan cahaya yang tidak panas sehingga ia tidak akan meningkatkan suhu di ruangan anda. Dengan begitu, anda akan terhindar dari kondisi gerah saat berada di ruangan yang terang.

Daya Tahan yang Lama

Saat memilih lampu, unsur hemat pasti akan sangat Anda pertimbangkan. Bila Anda tidak suka menggonta-ganti lampu di rumah, lampu LED ialah solusi terbaik. Di bandingkan dengan lampu pijar, biasanya LED lebih awet. Jika lampu pijar hanya mampu bertahan 10.000 jam, LED bisa sampai 50.000 jam.

Tidak Mengandung Ultraviolet

Cahaya lampu yang diberikan oleh LED sama sekali tidak mengandung UV yang nantinya bisa merusak kesehatan mata maupun kulit dalam jangka y panjang.

Ramah Lingkungan

LED ini tidak memiliki kandungan merkuri yang bisa merusak lapisan ozon ataupun mengganggu kesehatan manusia.
Meskipun LED mempunyai serangkaian kelebihan, namun salah satu kekurangannya ialah harga lampu LED sekarang ini masih mahal jika dibanding dengan lampu hemat energi biasa.

 

Leave a Reply