Cara Mudah Memaksimalkan Hasil Kamera Smartphone

, , Leave a comment

Saat kita membeli sebuah smartphone, tidak hanya merk, model, dan jeroan smartphone yang menjadi pertimbangan. Melainkan, ‘kamera smartphone’ juga selalu menjadi perbincangan tersendiri yang hampir tidak pernah terlewatkan.

Sebuah smartphone umumnya dibekali dengan kamera belakang sebagai kamera utama yang biasanya memiliki sensor lebih besar dan hasil jepretan yang lebih baik dibandingkan dengan kamera depan.

Dewasa ini semakin banyak orang yang gemar selfie demi bisa memajang foto lucu atau cantik di sosmed. Maka tidak heran apabila akhir-akhir ini semakin banyak vendor smartphone, seperti Oppo, Samsung, hingga Asus, yang menawarkan smartphone dengan kemampuan kamera depan yang lebih baik atau setara kamera belakang.

Namun sayangnya, harga smartphone dengan kemampuan kamera yang mumpuni biasanya tidak murah, sehingga mau tidak mau, kita-kita yang hanya memiliki smartphone dengan kamera apa adanya perlu mencari cara untuk memaksimalkannya.
Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencari tahu beberapa cara memaksimalkan kamera smartphone, berikut beberapa saran dan tips yang bisa kamu coba.

• Waktu. Untuk menghasilkan gambar terbaik dengan pencahayaan yang tepat, kita perlu mempertimbangkan waktu pengambilan gambar misalnya di pagi atau sore hari.
Sinar matahari bisa memberikan banyak keuntungan sebagai sumber pencahayaan utama. Sehingga, tidak berlebihan apa bilang cahaya matahari dapat mempengaruhi warna, nuansa, hingga bayangan, sebuah objek. Karena seperti yang kita tahu, sebagian besar kamera smartphone tidak bisa bekerja maksimal ketika digunakan di tempat-tempat yang minim cahaya.

• Manual mode. Beberapa kamera smartphone (kelas menengah ke atas) saat ini sudah dibekali dengan manual mode. Yang memungkinkan kita untuk mengambil foto mikro untuk objek-objek berukuran kecil, close up, atau untuk menampilkan hasil yang lebih detail.

• Jangan melawan arah cahaya. Untuk mendapatkan foto lucu yang menarik, hindari mengambil gambar dengan melawan arah cahaya. Karena cara tersebut akan membuat objek (dirimu) terlihat lebih gelap.

• Berlatih. Semakin banyak berlatih, maka kemampuan dalam mengambil foto akan semakin sempurna. Jangan hanya berlatih di pagi hari atau di luar ruangan; ketika cahaya sangat mendukung, melainkan, berlatihlah juga ketika cahaya tidak mendukung.

• Coba sudut pandang yang berbeda. Salah satu rahasia fotografer profesional dalam menghasilkan foto-foto menarik adalah, kemampuan mereka dalam memilih sudut pandang yang tepat.
Jadi, jangan ragu-ragu untuk bereksperimen dalam memilih sudut yang tepat agar: suasana, warna, bentuk, hingga pesan yang akan disampaikan melalui foto bisa terbaca oleh siapapun yang melihatnya.

• Jangan ragu-ragu untuk mempelajari teori fotografi. Banyak orang menganggap remeh teori fotografi. Padahal, ini adalah salah satu “kunci” yang bisa menuntun kita untuk belajar lebih banyak dalam menghasilkan foto-foto profesional. Bahkan, ketika kita hanya mengandalkan kamera biasa sekelas kamera smartphone.

 

Leave a Reply